Penyakit Setelah Lebaran

Waspada! Penyakit Ini Biasanya Terjadi Setelah Lebaran

Herbaloke.net – Cita rasa makanan yang tersaji di meja makan saat hari raya lebaran tentu membuat air liur siapapun jatuh, termasuk Anda. Makanan seperti opor ayam, ketupat, sate, dan es krim, siapa yang bisa nolak? Hasrat untuk mencicipi makanan tersebut pun akan meningkat. Sayangnya kenikmatan ini hanya bertahan sesaat, setelah lebaran usai, rumah sakit mendadak penuh karena banyak jumlah pasien yang dirawat akibat diserang penyakit di momen lebaran. Berikut jenis penyakit yang sering terjadi usai lebaran:

  1. Kolesterol

Kebanyakan makanan yang disajikan saat lebaran mengandung lemak yang sangat tinggi, seperti santan dan gorengan. Mengonsumsi kedua makanan ini saat lebaran sebenarnya sah-sah saja asalkan dalam jumlah yang wajar. Bagi Anda yang telah mengidap penyakit kolesterol sebaiknya tidak menyentuh makanan bersantan dan gorengan untuk sementara waktu. Jika kadar kolesterol naik, tubuh akan menjadi pegal-pegal dan yang parahnya dapat memicu terjadinya serangan jantung.

  1. Diare

Makanan yang tersaji saat lebaran memang enak, tapi makanan tersebut belum tentu bersih 100 persen, apalagi kalau makanan dibiarkan terbuka selama beberapa jam. Akan lebih baik jika makanan tersebut ditutup rapat-rapat agar lalat tidak hinggap di makanan. Bisa dibayangkan jika kotoran lalat jatuh ke atas makanan, Anda dan seluruh tamu yang mengonsumsi makanan tersebut pun akan terkena diare.

  1. Radang Tenggorokan

Penyakit ini disebabkan karena bumbu yang dicampurkan ke dalam makanan, khususnya bumbu pedas. Bagi Anda yang tidak terbiasa makan makanan pedas, makanan jenis ini sebaiknya dihindari agar Anda tidak terkena radang tenggorokan setelah lebaran. Akibat dari radang tenggorokan adalah kesulitan saat menelan makanan dan timbulnya rasa sakit seperti tertusuk jarum.

  1. Hipertensi

Penyakit hipertensi atau yang dikenal dengan penyakit darah tinggi adalah penyakit dimana tekanan daraj seseorang lebih tinggi daripada tekanan darah normal atau yang disarankan. Penyakit ini disebabkan karena asupan makanan yang berlebihan, seperti garam dan lemak. Untuk itu, jaga makanan yang akan dikonsumsi. Minimalkan makanan seperti gulai, opor ayam, seafood, daging, dan kacang-kacangan yang terkenal memiliki kandungan lemak yang tinggi.

  1. Flu dan batuk

Lebaran memang menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu, tapi jangan salah tingkat aktivitas saat lebaran malah bertambah dua kali lipat dibandingkan aktivitas sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan imun tubuh berkurang, sehingga tubuh gampang dimasuki penyakit seperti batuk, flu, dan pegal-pegal.

Apabila keluargamu di kampung terserang batuk dan flu, lebih baik jaga jarak. Sebab virus batuk dan flu dapat menyebar dengan cepat. Ketika satu orang terkena flu atau batuk, kemungkinan besar orang yang berada di dekat orang tersebut akan terserang flu dan batuk juga dalam beberapa hari ke depan. Untuk mengobatinya Anda bisa minum obat batuk atau mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.

  1. Diabetes

Kadar gula seseorang akan turun secara otomatis saat orang tersebut menjalankan ibadah puasa. Tapi kondisi ini hanya berlangsung sesaat karena saat lebaran tiba, mereka lupa menjaga pola makan sehingga kadar gula yang tadinya turun malah melonjak naik. Pasca puasa, pengidap diabetes harus lebih teliti saat hendak memasukkan makanan ke dalam mulut. Kurangi asupan makanan manis, seperti nasi, lontong, gulali, permen, es krim, dan waffle jika kadar gula darah ingin tetap stabil pasca lebaran.

  1. Kelelahan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 5, tingkat aktivitas yang dikerjakan selama lebaran akan meningkat dua kali lipat daripada biasanya. Bila Anda gagal mendapat istirahat yang cukup, tubuh pun akan mengalami lelah yang berarti yang dapat mengundang berbagai jenis penyakit. Ketika Anda merasa lelah, upayakan untuk beristirahat setidaknya selama 1 – 2 jam.

Demikianlah informasi mengenai jenis penyakit yang muncul setelah lebaran. Jika Anda tidak ingin salah satu dari penyakit tersebut menggerogoti tubuh, kurangi konsumsi makanan yang dipantangkan agar kondisi tubuh tetap sehat setelah merayakan sukacita dan kebahagiaan lebaran.

Tinggalkan komentar