Macam-macam Tanaman Obat Keluarga

35+ Macam-macam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Beserta Manfaatnya

Herbaloke.net – Toga adalah singkatan untuk tanaman obat keluarga. Tanaman herbal ini biasanya digunakan untuk mengobati segala jenis penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit berat. Pada dasarnya, setiap tanaman keluarga memiliki senyawa yang ampuh digunakan untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Sejak dulu hingga sekarang, khasiat yang dihasilkan tanaman keluarga tidak tertandingi. Meskipun belum dilakukan penelitian lebih lanjut untuk beberapa jenis tanaman, tetapi para nenek moyang percaya akan khasiat yang diberikan.

Tanaman ini merupakan tanaman yang mudah ditemui dan seringkali ditanam di depan rumah untuk konsumsi sehari-hari. Berikut adalah jenis tanaman herbal atau tanaman keluarga yang baik untuk kesehatan.

Macam-macam Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

  1. Daun Seledri

Selain utnuk mengharumkan makanan, daun seledri juga bagus dikonsumsi untuk mencegah penyakit mag.

  1. Daun Dewa

Daun dewa mengandung banyak senyawa kimia, antara lain anti radang, anti bakteri, diuretik, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang memanfaatkan daun dewa untuk mengobati penyakit jantung, hipertensi, kanker, pembengkakan pada payudara, dan pendarahan ringan.

  1. Daun Kelor

Daun kelor bentuknya lebar, bagus digunakan untuk mengobati sakit mag, jantung, kanker, dan diabetes.

  1. Lidah Buaya

Selain bagus digunakan untuk rambut, lidah buaya juga dipercaya dapat mengobati jerawat, diabetes, dan sembelit.

  1. Pepaya

Pepaya rasanya manis dan segar, apalagi jika dimakan ketika cuaca sedang terik. Dibalik kelezatannya, pepaya juga bagus dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Bagi Anda yang mengalami kesulitan saat BAB, dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya setiap hari.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh banyak digunakan sebagai campuran untuk olahan sayur. Selain itu, belimbing wuluh juga dipercaya mampu mengobati diabetes, sakit gigi, dan sariawan.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman liar yang mudah ditemukan. Tanaman ini juga suka tumbuh di pagar rumah. Manfaat kumis kucing yaitu untuk mengobati sakit mag, diabetes, masuk angin, dan kecing batu.

  1. Daun Murbei

Tanaman murbei ternyata sangat berkhasiat untuk berbagai penyakit pada manusia. Daunnya sendiri bagus digunakan untuk mengobati diabetes, dan menurunkan kadar glukosa berlebih dalam darah.

  1. Daun Sirih

Masyarakat di Tanah Batak sering mengonsumsi daun sirih sehabis makan. Tanaman ini dipercaya mampu menguatkan gigi, menghilangkan bau kaki, mengobati perut kembung, dan mampu mengatasi pendarahan saat mimisan.

  1. Daun Salam

Anda yang terkena penyakit diabetes, kadar glukosa yang tinggi, dan kolesterol sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun salam dalam bentuk bubuk. Anda dapat menyeduh bubuk daun salam untuk diminum.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dipercaya dapat mengobati sakit mag dan mengatasi diare. Cara pengobatannya yaitu dengan meminum air rebusan daun jambu biji setiap hari.

  1. Kayu Manis

Selain untuk menambah cita rasa makanan, kayu manis juga bagus digunakan untuk mencegah kanker, mencegah gangguan pada usus besar, mengatasi rematik, dan infeksi.

  1. Daun Sukun

Kenalkan Anda dengan buah sukun? Buahnya seringkali diolah menjadi olehana keripik yang rasanya sangat lezat. Selain diambil buahnya, daun sukun juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes, gagal ginjal, asam urat, dan kolesterol.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak dijadikan sebagai campuran untuk minuman penyegar. Rasanya yang asam juga berfungsi untuk membakar lemak yang ada di perut. Selain itu, jeruk nipis juga bagus digunakan untuk mengatasi vertigo, pegal linu, sakit gigi, dan darah tinggi.

  1. Cabai Merah

Zat antioksidan yang terkandung pada cabai merah sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi cabe merah untuk mencegah penyakit pegal, encok, rematik, dan sakit gigi.

  1. Bawang Merah

Bawang merah banyak digunakan sebagai obat urut tradisional. Bawang merah yang telah diiris kecil akan dicampurkan dengan minyak zaitun atau minyak makan. Setelah dicampur, maka akan dioleskan ke badan untuk memberikan rasa hangat.

  1. Cocor Bebek

Tanaman ini banyak ditemukan di daerah perairan. Cocor bebek dipercaya dapat menyembuhkan sakit kepala, batuk, dan mengobati demam.

  1. Delima

Buah delima, siapa yang tidak mengenalnya? Buah ini hadir dengan warna merah, putih, dan ungu. Buah ini sendiri bentuknya bulat sedikit lonjong, baik dikonsumsi untuk mengobati nyeri, lambung, keputihan, disentri, dan bagus untuk obat cacing.

  1. Mengkudu

Bagi Anda yang memiliki masalah terkait sistem peredaran darah, kanker, radang, dan infeksi, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi mengkudu. Anda dapat mengolah buah mengkudu menjadi rujak agar rasanya lebih lezat.

  1. Kapulaga

Kapulaga banyak dijadikan sebagai obat tradisional dan campuran minuman tradisional, seperti jamu. Selain buahnya, Anda juga dapat memanfaatkan akar dan batangnya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat yang diberikan oleh kapulaga adalah mengobati perut sembelit.

  1. Jahe

Jahe sangat baik digunakan untuk mengobati batuk, tenggorokan kering, dan mengembalikan suara yang hilang. Jahe juga banyak diolah menjadi bandrek untuk menghangatkan tenggorokan.

  1. Kencur

Kencur merupakan salah satu rempah-rempah yang juga dapat dijadikan sebagai ramuan obat tradisional. Kencur ini dipercaya mampu mengobati sakit kepala, dan menambah nafsu makan.

  1. Kunyit

Kunyit dipercaya mampu menangkal racun yang ada pada makanan. Maka tak heran banyak orang tua yang mencampurkan kunyit pada beberapa jenis masakan.

  1. Sambiloto

Jika Anda terkena penyakit diabetes, maka Anda sangat disarankan untuk merebus daun sambiloto dan diminum setiap hari. Manfaat lainnya yang didapatkan adalah mengobati sakit perut dan perut kembung.

  1. Landep

Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tanaman pagar karena bentuknya yang cantik dengan bunga berwarna kuning. Namun, Anda juga dapat memanfaatkan daun landep untuk mengobati sakit pinggang, rematik, kudis, dan sakit perut.

  1. Temulawak

Bagi Anda yang suka minum jamu, temulawak ini merupakan salah satu campuran di dalam jamu tersebut. Terbukti sudah, temulawak dapat mengobati penyakit ginjal, limpa, sakit kepala, masuk angin, sakit pinggang, dan masih banyak lagi.

  1. Alpukat

Alpukat banyak digunakan untuk menjaga kelembaban rambut, kulit, dan baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Dibalik manfaatnya itu, alpukat juga bagus dikonsumsi untuk mengobati sakit mag, mencegah kanker, dan kolesterol

  1. Ciplukan

Buah ciplukan termasuk salah satu buah yang sangat disukai oleh anak-anak. Selain rasanya yang enak, buah ini juga mampu mengobati berbagai macam penyakit, seperti: paru-paru, asma, dan cacar air.

  1. Lengkuas

Selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan, lengkuas juga baik digunakan untuk mengobati penyakit rematik, tumor, dan diare. Tanaman ini juga sangat mudah tumbuh di pekarangan rumah Anda.

  1. Daun Pacar Cina

Tanaman ini sangat sering ditemui, terutama di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Daun pacar cina tumbuh liar di kebun, sawah, hutan, dan halaman pekarangan rumah Anda. Khasiat yang akan didapatkan dari daun pacar cina yaitu mampu mengobati bisul dan kembung.

  1. Kangkung

Vitamin A, C, B kompleks, dan fosfor yang terkandung di dalam sayur kangkung sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada sayur kangkung terbukti mampu mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah. Jadi, jika Anda menderita masalah sariawan dalam waktu cukup lama, Anda disarankan untuk sering mengkonsumsi kangkung.

  1. Jinten Hitam

Khasiat dari tanaman jinten hitam sudah sangat terkenal sejak 3000 tahun Sebelum Masehi. Tanaman ini sangat baik digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam, seperti: pernapasan. Selain itu, Anda yang mengalami stres dan insomnia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jinten hitam.

  1. Urang Aring

Olahan urang aring terbukti bagus untuk menghitamkan rambut. Selain itu, urang aring juga sangat berkhasiat untuk mengobati pendarahan pada rahim, kencing darah, diare, hepatitis, dan keputihan.

  1. Wortel

Selain untuk kesehatan mata, wortel juga baik dikonsumsi untuk mencegah kejang jantung dan mengobati cacing-cacing kremi yang ada di anus.

  1. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang mudah tumbuh di iklim tropis. Buah ini sendiri baik dikonsumsi untuk mata dan kulit. Buah tomat itu sendiri dapat diolah menjadi sambal, acar, dan sayuran. Sedangkan daunnya dipercaya dapat mengobati aliran empedu ke usus dan baik untuk menambah nafsu makan.

Itulah 35 tanaman herbal atau tanaman obat keluarga yang banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam kesehatan. Selain memanfaatkan buahnya, daun dari tanaman itu sendiri juga bagus diolah sebagai obat tradisional. Tanaman diatas telah terbukti berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar