Cara-Mengobati-Asam-Urat

9 Tanaman Herbal Ampuh Mengobati Asam Urat Secara Alami

Herbaloke.net – Pada zaman dahulu, nenek moyang kita menggunakan tanaman herbal sebagai ramuan untuk membuat obat tradisional. Tanaman ini dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagus ketimbang obat-obat dokter. Namun, populasi dari tanaman herbal ini semakin jarang. Itulah sebabnya sebagian tanaman herbal yang sudah langka dijual dengan harga yang sangat mahal.

Ada banyak jenis tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah asam urat. Penyakit ini biasanya terjadi pada seseorang yang telah berumur 30 tahun ke atas. Asam urat ini juga sering disebut sebagai penyakit rematik, yang menyerang bagian otot, sendi tubuh, dan tulang.

Penyakit asam urat biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian otot dan sendi. Maka tak heran jika orang yang terkena penyakit ini tidak tahan jika harus berdiri dalam jangka waktu yang lama. Karena tulang tidak mampu menopang berat badan.

Gejala yang ditimbulkan asam urat, antara lain:

  • Nyeri pada bagian persendian yang membuat kulit cepat memerah
  • Adanya benjolan keras pada bagian persendian

Bagi Anda yang terkena asam urat, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan tanaman herbal untuk mengatasi asam urat dengan cepat. Berikut tanaman herbal untuk mengobati penyakit asam urat.

Cara Mengobati Penyakit Asam Urat dengan Ramuan Tanaman Herbal

1. Daun Sirsak

Daun Sirsak

Selain buahnya yang enak untuk dikonsumsi, daunnya juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Daun sirsak yang sudah didapat, nantinya direbus terlebih dahulu. Air hasil rebusan tersebutlah yang akan diminum untuk mengobati asam urat.

Cara pengolahannya:

  • Ambil daun sirsak secukupnya, misalnya 5 – 15 lembar
  • Cuci daun sirsak tersebut sampai bersih, lalu masukkan daun sirsak ke dalam wadah yang sudah berisi air
  • Rebuslah daun sirsak yang sudah diberi air tersebut sampai airnya mendidih, lalu angkat
  • Tuangkan air hasil rebusan ke dalam gelas, lalu minum. Minumlah setidaknya dua kali per hari agar asam urat bisa segera sembuh

2. Kumis Kucing

kumis-kucing

Anda juga pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Kumis kucing sangat baik untuk mengobati asam urat karena mengandung kalium yang sangat baik untuk menghancurkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Tumbuhan ini dapat sangat mudah Anda temukan, terutama di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

Cara pengolahannya:

  • Ambil beberapa kumis kucing, lalu cuci sampai bersih
  • Masukkan kumis kucing ke dalam sebuah wadah yang sudah diisi dengan air. Lalu rebuslah hingga mendidih
  • Setelah mendidih, tuangkan ke dalam gelas. Untuk menghilangkan rasanya yang sedikit aneh, Anda dapat mencampurkan sedikit garam atau gula
  • Minumlah air hasil rebusan kumis kucing setidaknya satu gelas per hari untuk menghilangkan asam urat

3. Daun Salam

daun-salam

Sepertinya dedaunan yang tumbuh di iklim tropis kaya akan manfaat. Contohnya daun salam ini. Selain digunakan sebagai pengharum masakan, daun salam juga sangat baik untuk mengobati asam urat. Cara mengolahnya juga hampir sama dengan dua jenis daun yang disebutkan di atas. Anda cukup merebus daunnya, lalu minum air hasil rebusan. Campurkan sedikit gula sebagai penawar rasa.

4. Daun Kelor

daun-kelor

Daun ini biasanya digunakan oleh orang Jawa sebagai daun untuk memandikan jenazah. Selain itu, daunnya juga berkhasiat untuk mengobati kejang-kejang pada anak dan mengobati asam urat. Kalsium yang terdapat dalam daun kelor sangatlah tinggi. Kadarnya melebihi jumlah kalsium yang terdapat dalam susu. Maka dari itu, daun itu sangat baik untuk mengobati tulang, otot, dan sendi.

Cara pengolahannya:

  • Ambil daun kelor secukupnya, sesuaikan dengan kebutuhan
  • Keringkan daun kelor tersebut di bawah terik matahari. Setelah kering, tumbuklah hingga menjadi bubuk
  • Campurkan bubuk daun kelor ke dalam segelas air, lalu minum. Minumlah bubuk daun kelor secara teratur agar asam urat bisa cepat sembuh

5. Anting-Anting

tanaman-anting-anting

Mungkin Anda sedikit aneh mendengar namanya. Namun, tanaman anting-anting ini sangat populer dan berkhasiat tinggi untuk mengobati asam urat. Selain itu, tanaman ini juga sangat baik untuk mengobati diuretik, anti radang, dan menghentikan darah saat luka.

Cara pengolahannya:

  • Carilah dan ambil akar tanaman anting-anting sebanyak 5 – 10, bisa akar yang sudah keting maupun yang masih fresh
  • Ambil air sebanyak dua gelas, lalu rebuslah akar tersebut hingga airnya rebusannya habis separuh
  • Setelah mendidih, angkatlah air rebusan, lalu minum. Anda dapat meminum air rebusan tanaman anting-anting sebanyak 2 – 3 kali per hari untuk hasil maksimal

6. Tanaman Sambiloto

Tanaman Sambiloto

Tanaman ini berasal dari India juga sangat populer untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Khasiat dari tanaman sambiloto ini mampu mencegah radang, penghilang racun, dan mengobati asam urat. Daun sambiloto dipercaya mengandung kalium, natrium, kalsium, flavonoid, keton, alkane, aldehid, dan laktone.

Semua bagian tanaman sambiloto sebenarnya dapat dijadikan obat. Tidak hanya daunnya, namun juga batangnya. Cara mengolahnya juga cukup mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Ambillah daun sambiloto secukupnya, lalu bersihkan. Lalu, ambil juga temulawak secukupnya Usahakan berat daun sambiloto sama dengan berat temulawak
  • Ambil 5 gelas air, lalu tuangkan ke dalam wadah bersamaan dengan daun sambiloto dan temulawak
  • Rebuslah air tersebut hingga mendidih. Dari 5 gelas air yang dituangkan, Anda hanya perlu 3 gelas saja. Setelah Anda mendapatkan 3 gelas air, saringlah
  • Minum air hasil rebusan, satu jam sebelum atau sesudah makan

7. Bunga Rosella

bunga-rosella

Bunga rosella nan cantik juga dapat Anda gunakan sebagai obat asam urat. Agar bunga rosella dapat mengobati asam urat, lakukan cara ini:

  • Ambil dan jemurlah bunga rosella terlebih dulu sampai kering
  • Setelah kering, pisahkan seluruh bagian bunga (kelopak, biji, dan lidah). Setelah itu, cucilah semua bagian yang sudah dipisahkan, lalu jemur lagi hingga kering
  • Jika sudah benar-benar kering, tumbuklah bunga rosella tersebut hingga halus
  • Bubuk bunga rosella bisa Anda seduh dengan air panas. Konsumsilah bubuk bunga rosella secara rutin untuk hasil terbaik

8. Jahe

Manfaat Jahe

Jahe memang sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya , terutama untuk kesehatan. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu masak, minuman penghangat tubuh, mencegah radang, dan mengobati asam urat.

Artikel terkait : 30 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mengolah jahe ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu memotong lalu merebusnya. Air hasil rebusan jahe nantinya diminum untuk mengobati asam urat. Konsumsi secara teratur untuk menghilangkan asam urat.

9. Daun Seledri

daun-seledri

Fungsi utama dari daun seledri ini adalah untuk mengharumkan masakan. Namun, daun seledri juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Kandungan yang terdapat dalam seledri, seperti: kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C sangat bagus untuk persendian. Untuk mengolahnya, Anda tidak perlu merebus daun seledri. Cukup campurkan daun seledri ke dalam masakan, maka asam urat sedikit demi sedikit akan berkurang.

Itulah tanaman herbal yang dapat mengobati asam urat. Tanaman herbal seperti buah cherry, meniran, dan sidaguri juga dapat Anda konsumsi untuk mengobati asam urat. Intinya, konsumsilah tanaman tersebut secara teratur untuk hasil terbaik.

Tinggalkan komentar