Manfaat Kumis Kucing

Manfaat Kumis Kucing, Tanaman Herbal Alami Yang Bagus Untuk Kesehatan

Herbaloke.net – Orthosiphon aristatus atau yang dikenal dengan kumis kucing termasuk tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat di dunia kesehatan. Manfaat tanaman ini bukan hanya untuk mengobati sakit pada persendian ataupun mengobati sakit ginjal saja karena ada banyak manfaat kumis kucing yang bisa kita dapatkan. Apa saja kira-kira?

  1. Mengatasi Masuk Angin

Banyaknya tugas yang harus diselesaikan membuat kita sering lembur, padahal lembur sangat tidak baik untuk kesehatan. Udara yang berhembus di malam hari dapat mengakibatkan masuk angin atau parahnya mengakibatkan angin duduk. Sebelum angin malam menggerogoti seluruh bagian tubuh, obati dengan kumis kucing.

Cara mengolah:Rebuslah 5 – 8 lembar daun kumis kucing. Setelah mendidih, angkat lalu minum air rebusannya 1 kali sehari agar masuk angin segera hilang.

  1. Mengobati Batuk-Batuk

Manusia mana sih yang  gak pernah batuk? Batuk adalah penyakit normal yang biasanya disebabkan karena cuaca buruk atau kebanyakan makan makanan berminyak. Tapi batuk yang tidak segera diobati dapat menimbulkan batuk asma, bronkitis, dan batuk berdahak. Sebelum bertambah parah, obati dengan daun kumis kucing.

Cara mengolah: Ambil beberapa daun kumis kucing (sesuai kebutuhan), rebus dengan segelas air. Angkat dan minum air rebusan kumis kucing selagi masih hangat. Minum sebanyak 3 kali sehari untuk menyembuhkan batuk.

  1. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Pola makan yang tidak sehat disertai dengan malas berolahraga dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Agar tekanan darah kembali normal, gunakan kumis kucing sebagai penangkalnya. Cara mengolahnya sama persis dengan dua jenis penyakit di atas. Ambil beberapa daun kumis kucing, bersihkan, rebus, lalu minum air rebusan sebanyak 1 kali sehari.

  1. Menurunkan Kadar Diabetes

Meningkatnya kadar gula dalam darah dapat memicu penyakit diabetes. Jika tidak segera disembuhkan, penyakit diabetes pun bisa bertambah akut dan menimbulkan kematian. Tapi sebelum bertambah parah, penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara mengurangi konsumsi makanan manis disertai dengan banyak minum air putih supaya gula yang menumpuk di dalam darah dapat segera dinetralisir.

Selan dengan cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan daun kumis kucing sebagai penangkal diabetes. Caranya dengan meminum air rebusan kumis kucing 2 kali sehari secara rutin selama 1 bulan. Setelah itu, kadar gula dalam darah pun perlahan-lahan akan kembali normal.

  1. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan karena jumlah zat purin di dalam tubuh terlalu berlebihan, akibatnya bagian otot dan persendian sering mengalami nyeri yang tidak tertahankan. Teknik pengobatannya sangat mudah yaitudengan memijat kaki atau tangan yang sakit sampai rasa sakitnya berkurang. Tapi cara ini khusus pengobatan bagian luar. Nah untuk pengobatan dari dalam, Anda bisa merebus daun kumis kucing dan minum sebanyak 3 kali sehari. Dua minggu kemudian, rasa nyeri akibat asam urat pun tidak akan terjadi sesering yang dulu.

  1. Mengobati Keputihan Pada Wanita

Keputihan merupakan masalah yang paling sering terjadi pada wanita yang disebabkan karena aktivitas bakteri dan jamur pada bagian organ kewanitaan. Kalau keputihannya menjelang datang bulan, hal ini masih wajar-wajar saja, tapi kalau sampai keputihan hampir setiap hari, para wanita harus lebih waspada karena masalah keputihan seperti ini bisa berujung pada terjadinya kanker serviks. Sebelum keputihan berubah menjadi penyakit serius, manfaatkan daun kumis kucing untuk menangkalnya

Cara mengolah:Ambil daun kumis kucing, daun beluntas, biji kemukus, dan jintan hitam. Tuangkan seluruh bahan ke dalam 2 gelas air putih, lalu rebus sampai mendidih. Angkat air rebusan, lalu minum satu gelas setiap pagi dan sore hari.

  1. Mengobati Sakit Perut

Punya masalah pencernaan dan sering mengalami sembelit? Tidak perlu minum obat-obatan kimia, Anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing untuk mengobati sembelit. Caranya dengan meminum air rebusan kumis kucing minimal 1 kali sehari. Meskipun sembelit merupakan masalah pencernaan yang paling sepele, tapi jangan dianggap remeh kalau tidak mau kondisi pencernaanmu bertambah parah.

Itu dia 7 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun kumis kucing. Jika Anda mengalami sakit perut, batuk, keputihan, dan lain sebagainya, Anda bisa meminum air rebusan kumis kucing untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar