Manfaat Kulit Buah Manggis

Manfaat Kulit Buah Manggis untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Herbaloke.net – Manggis merupakan pohon cemara kecil dan sangat lamban dapat ditemukan di negara-negara tropis di seluruh Asia, seperti Thailand, India, China, Indonesia, Kamboja, Singapura, Malaysia, Burma, Vietnam dan Filipina. Semua bagian buah manggis ini, memang punya khasiat yang bagus untuk kesehatan termasuk juga manfaat kulit manggis. Kulit buah manggis mengandung peran Xanthone bioaktif yang merangkak di sekujur tubuh, dapat menetralisir radikal bebas di dalam tubuh, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat dari sebelumnya.

Kulit manggis adalah ratu dari semua buah tropis yang bisa menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari kulit buah manggis yang terisolasi. Xanthones merupakan bioflavonoid antioksidan, antibakteri, antitumor, hypo-allergenic, antiinflamasi dan antihistamin. Senyawa Xanthone berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang menghambat proses degenerasi sel. Apalagi setiap hari, kita sering terkontaminasi oleh bahan kimia, polutan dan bahan buatan, dan itu semua tak terelakkan. Di kulit buah, kandungan xanthone tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan xanthone tinggi (123,97 mg / ml), bisa membunuh penyakit dan memperbaiki sel-sel yang telah rusak dan untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh. Itulah beberapa manfaat yang bisa anda ketahui dari manfaat kulit manggis, berikut ialah manfaat lain yang bisa anda ketahui.

Manfaat Kulit Buah Manggis

Sementara itu, ada banyak manfaat kesehatan dari kulit manggis. Manggis (Garcinia mangostana) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika di Kepulauan Nusantara. Buahnya berwarna ungu gelap atau merah tua, dengan bubur putih yang rasanya manis dan menyegarkan. Buah itu dikenal sebagai favorit Ratu Victoria dari Inggris. Buah jenis ini dimasukkan dalam nominasi sebagai buah yang memiliki antioksidan tertinggi di dunia. Biasanya, orang hanya makan buah manis dan membuang kulitnya yang ungu. Dengan demikian, studi terbaru menemukan bahwa kulit manggis juga bermanfaat, dan kulitnya bahkan mengandung lebih banyak antioksidan daripada pulpa. Kulit yang berguna adalah sisi dalam, terletak di dekat pulpa. Karena itu, artikel ini menjelaskan semua manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari kulit manggis.

Studi terbaru tentang manfaat kulit buah manggis membuat perusahaan obat menghasilkan suplemen dari ekstrak kulit manggis secara besar-besaran. Berikut manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kulit manggis sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang rentan terhadap kanker, atau mereka yang sudah memiliki kanker. Antioksidan tinggi pada kulit manggis sangat penting untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Apalagi xanthone, antioksidan yang terkandung dalam kulit manggis, bisa mencegah proliferasi sel kanker. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan kanker. Tapi, kita harus ingat bahwa kulit manggis tidak bisa membunuh sel kanker secara total. Pasien kanker masih harus menjalani kemoterapi dan radioterapi, dan kulit buah manggis digunakan sebagai suplemen makanan.

  1. Memperlambat Penuaan

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa memperlambat penuaan Mencegah penuaan Manfaat kesehatan kulit buah manggis ini sangat diantisipasi oleh wanita. Kulit manggis merupakan ramuan magis yang bisa membuat kulit segar kembali, dan membuat proses peremajaan kulit semakin kencang. Kandungan antioksidan dalam kulit buah manggis dapat membantu mencegah penuaan dini dan meremajakan kulit tampak bersinar dan kencang.

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa mencegah diabetes. Diabetes atau gula darah adalah penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Kulit manggis merupakan salah satu ramuan ampuh yang bisa membantu menurunkan diabetes dengan cara mengurangi dan membawa kadar gula dalam urin.

  1. Meningkatkan Imunitas

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa meningkatkan imunitas. Mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus atau ramuan, bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh kuat dalam menghadapi keadaan tidak stabil. Anti oksidan pada kulit manggis berperan sebagai bahan alami yang bisa menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

  1. Mengobati Kanker

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa mengobati kanker. Hasil penelitian tentang kulit manggis sangat fenomenal. Kulit manggis bisa mencegah pertumbuhan sel kanker, sekaligus menghancurkannya untuk menghindari seseorang dari kasih sayang kanker. Kandungan xanthone pada buah manggis dan kulit manggis memiliki sifat proliferatif dan anti apoptosis. Kulit manggis juga akan menjadi senjata penghancur kanker, dan juga efektif dalam mencegah sel kanker.

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa mencegah penyakit jantung. Manfaat kesehatan kulit buah manggis juga mampu mencegah berbagai masalah jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit fatal, namun bisa dihindari dengan kulit manggis.

  1. Mengatasi diare

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa mengatasi diare. Kulit manggis sangat ampuh untuk mengatasi diare, senyawa yang terkandung dalam manggis sangat baik untuk fungsi pencernaan tubuh dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan diare.

  1. Mengatasi gangguan haid

Manfaat selanjutnya yang bisa anda dapatkan ketika anda mengkonsumsi kulit manggis secara teratur ialah bisa mengatasi gangguan haid. Manfaat kesehatan kulit manggis bagi wanita. Jika Anda mengalami gangguan yang sangat parah saat menstruasi atau haid terlambat, atau tidak teratur, Anda harus mencoba mengolah kulit manggis. Minuman kulit manggis bisa meluncurkan isu wanita ini.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Siapkan beberapa buah manggis (disesuaikan dengan kebutuhan, bisa 2-3 potong), 1 cangkir air matang, bisa ditambahkan Madu, dan Gula yang memiliki kandungan kalori rendah (sebaiknya gula aren), serta Blender.

Cara membuatnya:

Setelah bahan diatas dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat kulit jus buah manggis. Berikut cara membuat jus manggis kulit yang harus Anda lakukan. Kulit buah manggis menyapu bagian dalam dengan sendok. Pada tahap ini, Anda harus pandai memilih buah manggis yang kulit buahnya bagus dan tidak busuk untuk mendapatkan kulit berkualitas tinggi. Sambil melakukan pengerokan kulit buah, hindari getah hitam atau kuning sehingga jusnya tidak terasa pahit.

Setelah hasil kerutan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah merebus kulit buah manggis. Langkah ini sebenarnya merupakan alternatif jika Anda tidak ingin mencicipi jus yang terlalu kental dan pahit. Dengan direbus terlebih dahulu, maka secat dan pahit rasanya bisa diminimalisir. Disarankan untuk tidak membuang air rebusan kulit manggis dan harus menyimpan sisa air rebusan di kulkas, untuk digunakan kembali pada kesempatan lain. Bahkan banyak yang merekomendasikan menggunakan air rebusan sebagai instrumen pengobatan terapi untuk beberapa penyakit.

Sertakan hasil kerak kulit manggis atau air rebus kulit (jika menggunakan langkah kedua) ke dalam blender, tambahkan satu gelas air matang, dan gula aren. Anda juga bisa mencampur madu dan beberapa buah yang Anda sukai seperti alpukat, mangga, sirsak dan lainnya untuk mengurangi rasa sepat dan pahit. Jus buah manggis sudah siap untuk diminum. Itulah manfaat kulit manggis yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar