Manfaat Habbatussauda

14 Manfaat Habbatussauda atau Jintan Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Herbaloke.net – Di era globalisasi seperti sekarang, semuanya serba canggih, termasuk teknik pengobatan. Akibat perkembangan teknologi yang ada, dunia kesehatan juga ikut mengalami perkembangan. Mulai dari teknik dan alat-alat canggih yang digunakan selama proses pengobatan. Namun, pengobatan melalui tenaga medis menggunakan bahan kimia yang memiliki efek samping. Sehingga dibutuhkan ramuan atau tanaman herbal untuk meminimalisir efek samping tersebut.

Salah satu tanaman herbal yang kami rekomendasikan adalah Habbatussauda atau  jintan hitam. Bentuknya yang tipis seperti bulan sabit dapat digunakan sebagai bumbu masak sehingga cita rasa masakan semakin lezat. Rasanya yang sedikit pahit sangat cocok digunakan sebagai pengganti lada. Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut adalah jenis penyakitnya:

14 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

  1. Dapat Mengobati Asma

Dalam sebuah studi, jintan hitam dipercaya memiliki Thymoquinone yang sangat bagus untuk mengatasi asma pada hewan. Dalam studi lainnya, jintan hitam mengandung Antiasthmatic yang sangat berguna untuk membuka saluran pernapasan. Sehingga mereka yang terkena penyakit asma dapat bernapas layaknya seperti orang normal pada umumnya.

  1. Mampu Mengatasi Sembelit

Jintan hitam juga dipercaya mampu untuk mengatasi masalah pencernaan pada manusia, seperti sembelit. Bagi Anda yang mengalami gangguan BAB atau perut kembung dapat mengonsumsi jintan hitam secara rutin untuk hasil yang maksimal.

  1. Sumber Vitamin

Percaya atau tidak, jintan hitam memiliki banyak kandungan yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia. Kandungan tersebut, seperti: vitamin A, kalium, kalsium, zat besi, sodium, dan delapan kandungan asam amino.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan menjaga tubuh tetap sehat, Anda dapat membeli jintan hitam lalu mengolahnya. Jika Anda tidak mau repot, Anda juga dapat langsung membeli sirup yang terbuat dari jintan hitam. Minum sirupnya dua kali sehari agar kebutuhan vitamin dalam tubuh tercukupi.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Jintan hitam sangat bagus untuk pertumbuhan sel T yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi jintan hitam dalam bentuk kapsul dipercaya mampu meningkatkan sel T tersebut. Anda dapat membeli olahan jintan hitam kapsul di apotik terdekat. Minumlah kapsul tersebut dua kali sehari selama 1 bulan untuk hasil maksimal.

  1. Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dimiliki oleh semua manusia. Hanya saja masih dalam batasan normal. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan hipertensi, Anda dapat mengonsumsi jintan hitam setidaknya 100 – 200 mg setiap harinya. Konsumsi jintan hitam kurang lebih 2 bulan agar tekanan darah Anda segera normal kembali.

  1. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Kandungan asam linoleat, termasuk omega 6 dan 3 yang ada dalam jintan hitam dapat meningkatkan konsentrasi otak dan daya ingat. Omega 6 dan 3 tersebut nantinya akan merangsang cara kerja otak, sehingga Anda semakin dipacu untuk berpikir. Asam linoleat ini bekerja sangat cepat dan efektif dalam saraf manusia. Maka tak heran jika asam linoleat ini mampu menunda pikun, terutama pada para lansia.

  1. Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena kelebihan glukosa di dalam tubuh. Sehingga para penderitanya dilarang untuk mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Namun, diabetes tersebut dapat berangsur-angsur pulih jika Anda mengonsumsi jintan hitam. Bagaimana caranya? Cara mengkonsumsi habbatussauda setidaknya 2 gram / hari agar kadar glukosa dalam tubuh kembali normal.

  1. Mencegah Kanker Pada Usus

Dalam sebuah riset pada hewan, telah terbukti bahwa jintan hitam dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan usus, contohnya kanker usus. Jintan hitam sendiri memiliki kandungan chemoagent 5 fluoruracil yang sangat bagus untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada usus manusia.Hasil riset juga mengatakan kalau penggunaan jintan hitam tidak akan menimbulkan efek samping. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena jintan hitam aman dikonsumsi.

  1. Bagus untuk Pencernaan

Tidak semua manusia memiliki pencernaan yang baik, termasuk Anda. Kadang kala, kita sering mengalami sulit BAB, padahal telah mengonsumsi makanan berserat tinggi. Hal ini wajar, karena terjadi kesalahan pada sistem pencernaan kita.

Untuk mengatasi masalah pencernaan ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi jintan hitam. Kandungan minyak volatil yang ada dalam jintan hitam sangat ampuh untuk membunuh bakteri E.Coli. Minyak volatil juga dianggap memiliki khasiat yang lebih bagus ketimbang Ampicilin.

  1. Mengobati Peradangan

Jika Anda memiliki masalah dengan peradangan, sudah selayaknya Anda fokus untuk melakukan penyembuhan. Kandungan thymoquinine sangat bagus digunakan untuk mengatasi berbagai jenis peradangan, seperti jerawat.

Teknik pengobatannya juga sangatlah sederhana. Anda dapat membeli salep yang terbuat dari jinten hitam di apotik terdekat. Setelah itu, oleskan salep tersebut pada jerawat yang membandel. Tunggu hingga salep mengering, lalu cuci wajah dengan air hangat. Lakukan ini secara rutin agar jerawat maupun bekas jerawat dapat hilang dengan cepat.

  1. Mampu Menetralkan Racun

Percaya atau tidak, tubuh manusia dipenuhi oleh racun yang berasal dari makanan. Jika dibiarkan, racun-racun ini akan merembes ke sel-sel tubuh sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit. Untuk mencegah keracunan, sebaiknya Anda mengonsumsi jintan hitam sebelum makan. Kalau hal tersebut memberatkan, Anda juga dapat mengonsumsi jintan hitam setidaknya sekali dalam seminggu. Kandungan anti-toksin yang ada di dalam jintan hitam sangat ampuh untuk mengeluarkan racun-racum yang ada di dalam tubuh manusia.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah penyakit sulit tidur yang disebabkan karena beberapa hal, seperti: stres dan kebanyakan minum kopi. Agar insomnia sedikit berkurang, Anda dapat mengonsumsi jintan hitam. Kandungan kortikosteroid, seperti karbohidrat, protein, dan lemak sangat bagus untuk mempengaruhi kerja saraf, sehingga saraf tidak akan tegang.

  1. Meningkatkan Jumlah ASI pada Ibu

ASI sangat baik dikonsumsi oleh balita. ASI juga dipercaya dapat menambah imun pada anak, sehingga anak tetap sehat dan gizinya terpenuhi.

Unsur-unsur yang ada di dalam jintan hitam, seperti hormon lipid mampu meningkatkan jumlah ASI pada ibu. Sehingga kadar ASI dapat bertambah banyak, balita dapat mengonsumsi ASI secara teratur dan asupan bayi terpenuhi.

  1. Mencegah Tumor

Jintan hitam termasuk salah satu tanaman herbal yang dipercaya dapat mengatasi tumor. Laju perkembangan tumor dalam tubuh dapat dihambat karena membran sel dalam tubuh kebal terhadap virus yang masuk. Jintan hitam tersebut secara tidak langsung meningkatkan membran sel dan merangsang kerja membran sel. Sehingga bakteri atau virus yang menyebabkan tumor dapat dapat diatasi.

Manfaat jintan hitam dalam bidang kesehatan memang belum banyak diketahui. Karena jintan hitam jarang diolah secara langsung untuk dikonsumsi. Namun, pengetahuan dan persepsi Anda tentang jintan hitam akan semakin terbuka lebar setelah membaca artikel ini.

Jintan hitam ini sendiri bagus digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang pas, tidak berlebihan. Itulah 14 jenis penyakit yang mampu diobati oleh jintan hitam. Semoga bermanfaat.

Artikel ini membahas:

  • manfaat habbatussauda untuk jerawat

Tinggalkan komentar