Manfaat Buah Tin

13 Jenis dan Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Herbaloke.net – Pernahkah Anda mendengar nama buah tin? Buah yang berasal dari Asia Barat ini mendapat julukan buah dari surga. Apa yang membuatnya mendapat predikat ini? Karena buah yang ukurannya menyerupai buah kelengkeng ini mampu mengobati kanker. Kandungan potasium dan kalsium yang ada didalamnya membuat buah ini ampuh untuk melawan sel-sel kanker.

Buah tin memiliki nama ilmiah Ficus Carica termasuk salah satu buah yang banyak ditemui di wilayah Afganistan sampai Balkan. Namun, buah tin semakin mudah ditemukan di Indonesia karena sudah ada tempat budidaya khusus untuk buah tin ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam buah tin di depan rumah, Anda cukup pergi ke pasar dan membeli bibit buah tin. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi, Anda juga bisa langsung membeli buahnya. Untuk harga, buah tin dibanderol dengan harga yang aman di kantong. Hal ini dikarenakan buah tin sudah mudah ditemukan, tidak seperti dulu dimana pembuahannya sangat jarang.

Macam-macam Jenis Buah Tin

Buah tin tidak termasuk golongan buah musiman, karena buah tin selalu berbuah sepanjang tahun. Anda yang menanam buah ini bisa langsung memanen hasilnya beberapa bulan kemudian. Buah tin memiliki 13 jenis atau varian, diantaranya:

  • Buah Tin Green Jordania Figs

Buah tin kelas ini berasal dari Jordania dan berukuran sedang. Berat buahnya sendiri 40 – 60 gram. Rasa buahnya manis, legit, daunnya berjari lima, dan berwarna kekuningan.

  • Buah Tin Purple Jordania Figs

Sama seperti jenis buah tin di atas, jenis ini juga berasal dari Jordania. Ukurannya lebih besar, berwarna ungu kecoklatan, dan memiliki berat 60 – 70 gram.

  • Buah Tin Conadria USA Figs

Buah tin yang banyak tumbuh di wilayah Amerika, namun persebarannya sudah banyak ditemukan di Indonesia. Warnanya hijau kekuningan dan memiliki berat 50 – 60 gram.

  • Buah Tin Brown Turkey Figs

Termasuk buah tin yang sangat produktif. Jenis ini mampu berbuah lebih dari dua kali per tahunnya. Memiliki berat 50 – 60 gram dan buahnya berwarna coklat kehitaman.

  • Buah Tin Black Ischia Italy Figs

Jenis ini bisa dibilang lumayan manis, berukuran sedang, berat 45 – 55 gram, dan warnanya hitam keunguan.

  • Buah Tin Khrutmani Palestine Figs

Jenis ini banyak ditemukan di daerah Israel bukan Palestina. Ukurannya besar dengan berat 70 – 80 gram, rasanya manis, dan berwarna merah kehitaman. Jenis ini juga termasuk kalangan yang sangat produktif.

  • Buah Tin Negronne France Figs

Jenis buah tin yang berwarna ungu kehitaman ini memiliki berat 45 – 55 gram. Biah tin Negronne ini sangat cocok untuk ditanam di depan rumah. Selain rasanya yang manis, buah ini juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

  • Buah Tin Abicou Figs

Jenis buah tin ini berasal dari Prancis. Memiliki berat 55 – 66 gram dengan warna yang hitam pekat. Buah tin jenis ini juga cocok ditanam di depan rumah sebagai hiasan dan untuk dikonsumsi.

  • Buah Tin Grise Saint Jeans Figs

Rasanya yang wanis, berwarna kemerahan, dan ukuran yang kecil, itulah gambaran singkat dari buah tin grise saint ini. Banyak ditemukan di negara Prancis.

  • Buah Tin Noire de Carombb Figs

Buah ini tumbuh di negara Prancis bagian selatan. Jenis ini sering dipakai untuk meramaikan pesta tahunan di Prancis. Warnanya yang hitam dan rasanya yang manis membuat warga Prancis suka sekali dengan buah ini.

  • Buah Tin Pananches Figs Tiger

Diberi nama “Tiger” karena kulit luarnya yang memiliki warna bercorak alias belang. Buah ini termasuk yang paling cantik ketimbang jenis buah tin lainnya. Buah ini berukuran sedang dengan berat 55 – 65 gram,dan rasa buahnya yang manis.

  • Buah Tin Tena Figs

Buah berukuran kecil ini termasuk jenis buah tin termanis ketimbang jenis lainnya. Buah ini berwarna gold dengan berat 50 – 60 gram.

  • Buah Tin Sultane Figs

Jenis ini berasal dari Prancis dengan warna yang memukau yaitu hitam kebiruan. Rasa buahnya sangat manis, sehingga banyak masyarakat Eropa dan Amerika rutin mengonsumsi buah ini.

Setelah mengetahui 13 jenis buah tin di atas, lantas apakah manfaat dan khasiat dari buah tin? Berikut penjelasannya:

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Jantung Koroner dan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi karena pembuluh darah yang menyempit. Penyempitan ini akan menimbulkan penyakit jantung koroner jika tidak ditangani dengan cepat. Buah tin mengandung fosfor, omega 6 magnesium, dan fenol. Zat ini sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah untuk mencegah terjadinya hipertensi.

  1. Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Sehingga dokter tidak menyarankan penderitanya untuk mengonsumsi makanan manis. Namun, dokter menyarankan untuk mengonsumsi buah tin yang rasanya manis. Mengapa? Karena glukosa yang ada di dalam buah tin juga mengandung serat dan karbohidrat. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang pas, maka buah tin sangat baik untuk mencegah diabetes.

  1. Mencegah Osteoporosis atau Tulang Keropos

Osteoporosis biasanya terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut. Sehingga tulang tidak dapat berfungsi dengan baik. Namun, kandungan kalsium yang terdapat ada buah tin dapat mengatasi osteoporosis ini.

Untuk mencegah osteoporosis, sebaiknya buah ini dikonsumsi oleh Anda yang telah berumur 30 tahun ke atas. Sedangkan untuk anak-anak, buah ini bagus untuk menguatkan dan pertumbuhan tulang.

  1. Mengurangi Penyakit Asma

Selain buah tin, daunnya juga bagus untuk mengobati penyakit asma. Cara pengobatannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun buah tin, lalu air rebusannya diminum secara teratur agar penyakit asma hilang secara perlahan.

  1. Mengurangi Kolesterol

Buah tin termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan serat larut paling banyak. Serat larut inilah yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semua kolesterol akan terbuang pada saat ekskresi, baik saat keringat maupun BAB.

  1. Bagus untuk Diet

Bagi Anda yang sedang diet, buah tin juga bagus agar diet Anda berhasil. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah tin mengenyangkan dalam waktu yang lumayan lama. Sehingga rasa lapar agak sedikit berkurang sehingga berat badan dapat turun dengan cepat.

  1. Mengatasi Anemia

Kekurangan darah atau anemia dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Zat besi yang tinggi dalam buah tin dapat menaikkan kadar darah merah dalam tubuh. Sehingga produksi darah merah dapat normal kembali.

  1. Mengatasi Insomnia

Percaya atau tidak, buah tin dapat mengatasi rasa stres. Rasa buahnya yang manis membuat stres Anda sedikit berkurang. Senyawa tryptophan yang ada didalamnya juga akan membantu Anda sedikit rileks.

  1. Menambah Tinggi Badan

Kandungan mineral, seperti fosfor, kalsium, mangan, dan magnesium yang ada di dalam buah tin sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, buah tin juga mengandung nutrisi lengkap sebagai pengganti susu.

  1. Mencegah Tumor Jinak

Seperti yang telah disinggung di atas, buah tin bagus untuk mencegah kanker. Selain kanker, tumor juga seringkali terjadi sehingga sel-sel tubuh bisa rusak. Kandungan phenol dan benzaldehide yang ada di buah tin sangat bagus untuk mengatasi tumor jinak tersebut. Konsumsi buah tin secara teratur agar tumor perlahan-lahan dapat hilang.

  1. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat larut yang tinggi membuat buah tin juga bagus dikonsumsi untuk mengatasi sembelit. Anda yang sering bermasalah dengan BAB dapat mengonsumsi buah tin agar pencernaan menjadi lancar.

  1. Mempercepat Luka Berdarah

Buah tin juga mengandung antiseptik yang sangat bagus bagi Anda yang baru saja tersayat benda tajam. Anda dapat memotong buah tin dan menempelkannya pada luka, sehingga darah pada luka tersebut dapat berhenti dengan cepat.

  1. Mengobati Bisul

Bisul muncul karena kotoran atau alergi pada makanan. Gejalanya ditandai dengan rasa gatal, lama-kelamaan akan terjadi pembengkakan pada kulit. Kandungan antibakterial yang ada pada buah tin dapat mengobati bisul tersebut. Cukup potong dan oleskan buah tin pada bisul. Lakukan hal ini secara rutin agar bisul segera kempes.

Itulah manfaat dan khasiat dari buah tin. Jika Anda memiliki gejala penyakit yang disebutkan di atas, Anda dapat mengonsumsi buah tin untuk mencegah bertambah parahnya penyakit tersebut.

Tinggalkan komentar