Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan Serta Kandungan dan Efek Samping

Herbaloke.net – Buah mengkudu atau yang biasa dikenal dengan pace, merupakan buah asli dari Asia Tenggara, bentuk buah yang lonjong dan berbintik dipermukaannya menjadi ciri khas dari pace tersebut. ciri khas lainnya adalah aroma dari buah ini yang cukup menyengat, sehingga banyak orang yang enggan mengkonsumsi pace. Padahal ada banyak manfaat buah mengkudu yang baik untuk kesehatan tubuh kita. sebenarnya pace ini memiliki rasa yang cukup sedap, dapat diolah menjadi jus, rujak hingga dijadikan sayur. Supaya lebih tertarik dengan pace, mari berkenalan lebih jauh dengan buah yang satu ini.

Ciri-ciri Tanaman Mengkudu

Mengkudu ternyata memiliki banyak jenisnya, terhitung hingga 80 jenis mengkudu yang ada didunia ini. Namun tidak semuanya dapat dikonsumsi, hanya berkisar 20 jenis saja yang aman dikonsumsi, selebihnya justru beracun. Tumbuhan ini juga mempunyai bentuk atau ciri tumbuhan yang mirip dengan tumbuhan lainnya. Agar tidak salah memilih pohon pace, sangat penting mengetahui ciri tumbuhan mengkudu tersebut.

  • Dari segi bentuk pohon, dapat dilihat bahwa pohon mengkudu tidak terlalu besar dan tidak terlalu tinggi. hanya dapat mencapai 4 hingga 6 meter saja. Berdahan kaku serta kasar berpadu bersama warna batang coklat dan keabu-abuan, menjadi ciri khas dari pohon mengkudu.
  • Daun mengkudu tergolong daun tebal dengan letaknya yang berhadap-hadapan. Berdaun lebar dan besar, serta tepi daun rata.
  • Tanaman mengkudu majemuk, mempunyai bunga yang bulat dengan panjang tangkai sekitar 4 cm. Mahkota bunga berwarna putih berbentuk seperti corong dengan panjang 1,5 cm. Benang sari menempel dimulut mahkota bunga, putik bunga identiknya berjumlah dua.

Kandungan dalam Mengkudu

Selain ciri tumbuhan, perlu diketahui pula kandungan didalam buah mengkudu. Banyak peneliti menyebutkan bahwa mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang mampu merangsang kekebalan tubuh melawan tumor dan kanker. Zat anti kanker terbukti sangat efektif untuk melawan sel-sel abnormal yang menjadikan timbulnya gejala kanker.

Didalam mengkudu pula terdapat kandungan zat terpenoid yang mampu membantu proses sintesis organic untuk pemulihan sel-sel tubuh. Kandungan protein, vitamin dan mineral didalam pace sangat lengkap. termasuk didalamnya adalah zat anti bakteri. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab berbagai infeksi seperti bakteri e coli, salmonella, protens morganii, scotmuelleri dan beragam bakteri lainnya.

Buah mengkudu juga berguna mengontrol bakteri mematikan yakni Pathogen. Senyawa didalam pace tergolong senyawa aktif yang sangat bermanfaat, Scolopetin salah satunya. Scolopetin adalah sejenis senyawa yang bermanfaat untuk mengusir alergi sekaligus peradangan.

Manfaat Buah Mengkudu

Banyaknya kandungan didalamnya tersebut membuat kita mampu merasakan manfaat mengkudu bagi kesehatan. Adapun manfaatnya bagi tubuh kita adalah sebagai berikut.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal dengan hipertensi, merupakan jenis penyakit yang berbahaya. Ada banyak faktor selain faktor keturunan yang membuat penyakit ini menjangkit seseorang. Agar darah selalu stabil, konsumsilah jus pace ini setiap hari, dapat tambahkan madu untuk menetralisir rasa dan aroma dari pace.

  • Mencegah diabetes

Tubuh sering lapas, penglihatan kabur, sering pula buang air kecil dimalam hari? Mungkin itu adalah gejala diabetes, dimana kadar gula dalam tubuh melebihi porsi pada umumnya dan tidak dapat dirubah menjadi energi. Manfaat buah mengkudu akan terasa bila meminum jus mengkudu secara teratur sangat disarankan.

  • Melawan sel kanker

Seperti yang telah kita kupas tadi, bahwa kandungan zat aktif dalam pace dipercaya dapat melawan sel kanker atau tumor. Antioksidan didalamnya juga akan mendongkrak sistem imunitas tubuh supaya kebal akan berbagai penyakit.

  • Mengatasi sakit perut

Sakit perut memang bukan tergolong penyakit serius, tetapi rasa nyeri tersebut mampu menghambat aktivitas kita sehari-hari. Kali ini bukan buahnya yang dimanfaatkan, namun daun mengkudu. Caranya sangat mudah, lumatkan beberapa daun mengkudu, seduh dengan air panas dan tambahkan sedikit garam.

  • Menjaga sistem pencernaan

Sebagian besar masalah sistem pencernaan terjadi karena serangan bakteri didalamnya. Diawal tadi juga sempat kita kupas bahwa manfaat mengkudu bagi kesehatan mempunyai zat anti bakteri. Jika kita mengkonsumsi pace secara rutin, maka akan membuat pencernaan kita jauh dari bakteri dan lancarnya sistem pencernaan.

  • Sebagai Tanaman Pengusir Tikus

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata buah mengkudu juga ampuh untuk mengusir tikus yang berada di rumah. Buah ini memiliki rasa yang pahit dan berbau menyengat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir tikus. Caranya adalah dengan memotong buah mengkudu yang sudah matang lalu sebarkan di sudut-sudut rumah, Anda bisa merasakan sendiri aroma khasnya yang cepat menyebar ke seluruh ruangan.

Efek Samping / Bahaya Mengkonsumsi Mengkudu

Buah ini memang aman dikonsumsi asalkan dalam jumlah konsumsi yang disarankan. Nah, agar mendapatkan manfaat mengkudu, perlu diperhatikan dalam mengkonsumsinya. Berikut adalah bahaya mengkonsumsi buah mengkudu bagi orang-orang tertentu.

  1. Ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui hendaknya menghindari konsumsi mengkudu meskipun untuk pengobatan. Banyak fakta yang menyebutkan bahwa mengkudu tersebut mampu menggugurkan janin didalam kandungan. Keamanan pace bagi ibu menyusui juga masih belum diketahui keamanannya, jadi alangkah baik dihindari.

  1. Masalah ginjal

Orang yang bermasalah dengan ginjal, sebaiknya menghindarinya. Sebab mengkudu memiliki kandungan kalium yang tinggi, kandungan ini dapat memperburuk kondisi ginjal nantinya.

  1. Penyakit liver

Meskipun belum banyak penelitian akan hal tersebut, namun banyak orang yang mengaitkan kerusakan fungsi hati dengan mengkonsumsi mengkudu. Dan lebih baik kita menghindarinya untuk meminimalisir bahaya yang terjadi.

Itulah kupasan kita mengenai beragam kandungan, efek samping serta manfaat buah mengkudu untuk berbagai penyakit. Selain buah ternyata daun, bunga, batang hingga kulit kayunya juga bermanfaat. Banyak pengobatan tradisional ataupun pengobatan herbal yang sering menggunakan mengkudu sebagai bahan utamanya. Tak jarang pula banyak orang yang cocok dengan pengobatan tersebut. Sayangnya manfaat ini belum sepenuhnya diteliti secara medis. Jadi yang perlu dilakukan adalah menjadi konsumen yang pintar agar mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

Tinggalkan komentar