Makanan Penyebab Kolesterol

Awas, 9 Jenis Makanan Ini Dapat Memicu Penyakit Kolesterol

Herbaloke.net – Indonesia akrab dengan makanan yang digoreng. Hampir setiap masakan dimasak dengan cara digoreng. Makanan yang digoreng memang memiliki cita rasa yang lezat. Akan tetapi, aneka gorengan dapat memicu penyakit kolesterol karena makanan yang digoreng memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi dan tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Makanan yang mengandung kolesterol akan membuat kinerja hati semakin berat. Apabila kadar lemak jahat sudah menumpuk di dalam tubuh, timbul lah penyakit serius yang apabila tidak segera ditangani akan berakibat pada kematian. Untuk menghindari penumpukan lemak di dalam tubuh, hindari lah jenis makanan berikut ini.

  1. Daging Merah

Daging merah kebanyakan berasal dari daging sapi dan domba. Kandungan kolesterol yang terdapat pada daging merah sangatlah tinggi. Selain dapat menimbulkan penyakit kolesterol, konsumsi daging merah yang terlalu berlebihan juga akan berakibat pada kesehatan jantung. Bagi Anda yang suka mengonsumsi daging merah sebagai lauk-pauksehari-hari, gantilah daging merah dengan ikan salmon atau tuna sebagai pengganti lauk yang lebih baik.

  1. Makanan yang Digoreng

Hampir semua makanan di Indonesia dimasak dengan cara digoreng, misalnya ikan. Padahal, makanan yang digoreng mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Apalagi jika metode memasaknya dengan cara deep frying atau dengan menggoreng makanan ke dalam minyak yang sangat banyak. Sebab, teknik penggorengan seperti ini akan menghilangkan kadar air dalam makanan dan memasok kadar lemak sehingga makanan ini memiliki kalori yang tinggi.

  1. Makanan yang Asin

Asupan yodium atau garam yang terlalu banyak akan membuat tekanan darah meningkat yang secara tidak langsung akan menaikkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kombinasi antara kolesterol dan tekanan darah tinggi lambat laun akan berakibat pada kesehatan jantung. Oleh sebab itu, hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung yodium atau garam.

  1. Es Krim

Es krim juga termasuk makanan yang harus dihindari karena memicu penyakit kolesterol. Sebab, kandungan lemak jahat pada es krim lebih besar dibandingkan lemak pada burger ataupun donat. Satu mangkuk es krim biasanya mengandung 4,5 lemak jahat. Sebagai penggantinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang sudah dibekukan atau yogurt yang rendah lemak.

  1. Makanan Bersantan

Makanan yang dicampur dengan santan kelapa memiliki rasa yang cukup nikmat. Sadar atau tidak, Anda telah menaikkan jumlah kolesterol dalam tubuh saat mengonsumsi makanan yang bersantan. Akibatnya, bobot tubuh akan meningkat secara otomatis dan memicu penyakit asam urat.

  1. Aneka Seafood

Seafood atau hidangan laut memiliki cita rasa yang sangat enak dan baik dikonsumsi karena mengandung sumber vitamin dan gizi. Tapi, konsumsi seafood yang terlalu berlebihan akan menaikkan kadar kolesterol di dalam tubuh karena makanan ini mengandung asam lemak yang tinggi.

  1. Kue Tart

Perayaan ulang tahun sangat identik dengan kue tart. Cita rasanya memang enak tapi kue tart mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Selain mengandung lemak, kue tart juga mengandung kalori yang tinggi. Jika Anda ingin makan kue tart, sebaiknya berolahraga lah terlebih dahulu untuk membakar sebagian kalori yang ada di dalam tubuh sebelum memasukkan kalori baru.

  1. Hati

Selain pada daging, kandungan kolesterol yang tinggi bisa ditemukan di dalam organ tubuh hewan, seperti hati. Tidak dapat dipungkiri, hati mengandung zat besi yang relatif tinggi dan baik untuk tubuh. Akan tetapi, hati juga menjadi sumber penyimpanan lemak jenuh pada hewan. Apabila dikonsumsi, maka lemak jenuh tersebut pun otomatis akan berpindah ke tubuh kita meskipun makanan ini sudah dimasak.

  1. Kuning Telur

Kuning telur bagus untuk meningkatkan daya tangkap. Akan tetapi, kuning telur mengandung kolesterol tinggi. Satu butir telur mengandung 186 mg kolesterol. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, maka kandungan kolesterol di dalam tubuh pun akan meningkat secara otomatis.

Cara Mengatasi Kolesterol dengan Obat Herbal Alami

Penyakit kolesterol berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk menghindari atau menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya hindarilah makanan yang dapat menyebabkan kolesterol seperti yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, kandungan kolesterol di dalam tubuh pun akan tetap stabil.

Tinggalkan komentar