Khasiat Biji Nangka untuk kesehatan tubuh

9 Khasiat Biji Nangka dan Cempedak Bagi Kesehatan Tubuh

Herbaloke.net – Buah nangka dan cempedak bisa dikatakan sebagai buah yang multifungsi. Selain rasa daging buahnya yang enak, biji semangka juga bisa direbus lalu dimakan layaknya daging buahnya. Soal rasa, biji nangka tidak kalah enaknya dibandingkan buah nangka. Soalnya daging biji nangka atau cempedak yang direbus dengan metode yang benar rasanya sangat empuk.

Selain untuk dimakan, biji nangka dan cempedak juga bagus untuk kesehatan tubuh. Biji nangka dan cempedak dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit dalam waktu yang singkat. Buah nangka juga sangat mudah dijumpai, sehingga cocok dijadikan sebagai pertolongan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Berikut 9 khasiat biji nangka dan cempedak bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan nutrisi dan protein yang terdapat pada biji nangka dan cempedak dipercaya mampu menjaga metabolisme tubuh manusia. Saat kondisi tubuh benar-benar drop, disarankan untuk mengonsumsi biji nangka ataupun cempedak secara rutin sampai kondisi tubuh baikan seperti sedia kala.

  1. Menyehatkan Mata

Biji nangka maupun cempedak merupakan alternatif lain untuk menjaga kesehatan mata karena bijinya mengandung vitamin A. Apabila mata Anda sudah mulai rabun, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi biji nangka atau cempedak secara rutin.

Selain mengonsumsi biji nangka, Anda juga harus rajin mengonsumsi buah-buahan atau sayur mayur untuk menyehatkan mata. Sehingga mata terhindar dari rabun atau katarak di kemudian hari.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain mengandung vitamin A, nangka maupun cempedak mengandung vitamin C yang baik untuk mengusir kolesterol berlebih dalam tubuh. Vitamin C nantinya akan memecah timbunan kolesterol dalam darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan menurunnya kadar kolesterol, Anda pun dipastikan akan terhindar dari penyakit mematikan ataupun penyakit komplikasi.

  1. Meredakan Penyakir Malaria

Penderita malaria juga dapat disembuhkan dengan mengonsumsi nangka ataupun cempedak. Kandungan enzim, bioflavanoid, dan vitamin yang terdapat pada buah ini dipercaya mampu  meredakan penyakit malaria dalam waktu yang singkat.

Biji nangka atau cempedak yang dikonsumsi oleh penderita penyakit malaria harus alami. Artinya sama sekali belum dimasak atau diolah menjadi bahan makanan. Tujuannya agar malaria bisa reda dengan cepat.

  1. Menyehatkan Jantung

Seperti yang sudah disinggung di atas, biji cempedak ataupun nangka dapat mengobati salah satu penyakit mematikan yaitu jantung. Dengan mengonsumsi biji cempedak secara teratur, penyakit jantung pun bisa dicegah. Kondisi jantung Anda pun menjadi lebih baik dan sehat serta tidak mudah diserang oleh penyakit.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Ada banyak makanan yang dipercaya mampu meningkatkan fungsi otak. Namun, biji nangka ataupun cempedak menjadi makanan termurah dan paling gampang dijumpai untuk menambah kinerja otak. Kedua biji ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, khususnya anak-anak yang masih berada dalam tahap pertumbuhan. Dengan demikian, si anak pun bisa menjadi lebih aktif belajar di sekolah dibandingkan teman-temannya yang lain.

  1. Melegakan Dahaga

Di iklim tropis seperti di Indonesia, tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar terhindari dari dehidrasi. Selain mengonsumsi air putih, Anda juga dapat mengonsumsi nangka ataupun cempedak untuk melegakan dahaga. Saat Anda haus, makanlah buah nangka atau cempedak, pasti rasa haus Anda akan hilang secara perlahan.

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Zat bioflavanoid berkhasiat untuk menjaga stamina tubuh. Zat ini mengandung anti-oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Sehingga radikal bebas tersebut tidak bisa menggerogoti tubuh secara perlahan, dan tubuh pun menjadi sehat walafiat.

  1. Melancarkan Pencernaan

Sembelit, sakit perut, dan sulit BAB pasti pernah dirasakan oleh semua orang, termasuk Anda. Untuk menghilangkan masalah pencernaan tersebut, Anda bisa mengonsumsi biji nangka ataupun cempedak secara rutin. Konsumsi kurang lebih selama tiga hari sampai pencernaan benar-benar lancar seperti biasanya.

Itulah khasiat yang bisa Anda dapatkan dari biji nangka dan cempedak. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti jantung, mata, sembelit, dan lain-lain, Anda bisa mengonsumsi biji nangka ataupun cempedak secara rutin agar penyakit tersebut bisa segera sembuh.

Artikel ini membahas:

  • manfaat biji cempedak

Tinggalkan komentar