Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Herbaloke.net – Tekanan darah tinggi merupakan gangguan yang terjadi pada pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanannya meningkat hingga batas normal. Gangguan tekanan darah tinggi ini seringkali disebut dengan hipertensi. Hiper yang mana berlebihan, dan tensi yang berarti adalah tekanan darah.

Penyakit hipertensi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan resiko yang berbahaya. Salah satunya dapat memicu terjadinya penyakit stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi ini. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi ini tentu terlebih dulu harus mengetahui apa penyebabnya dan yang memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Penyebab Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan hipertensi ini. Diantaranya adalah faktor makanan. Ada beberapa makanan yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah sehingga menyebabkan darah tinggi. Seperti makanan berlemak, kadar garam yang tinggi, atau juga makanan yang diawetkan. Contohnya seperti sarden, makanan kaleng, kornet dan lain sebagainya.

Makanan-makanan ini merupakan makanan yang sangat tidak dianjurkan karena dapat memicu meningkatnya tekanan darah. Sehingga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan-makanan seperti ini agar tidak memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

Selain itu faktor penyebab yang lainnya adalah faktor stress, yang mana dapat memicu tekanan darah tinggi. Kurang tidur pun juga menjadi salah satu penyebab untuk gangguan tekanan darah tinggi ini. Tidak hanya itu, emosi yang tidak stabil juga akan membuat tekanan darah anda naik.

Faktor usia pun juga menjadi salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Semakin tinggi atau bertambahnya usia maka resiko terhadap tekanan darah tinggi pun akan lebih besar. Tekanan darah tinggi biasanya rentan terjadi pada usia kisaran 55 tahun dan juga pada wanita yang memasuki masa menopause sehingga mulai berkurangnya produksi hormon.

Faktor penyebab kebiasaan buruk juga dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi ini. Seperti kebiasaan merokok atau bahan mengkonsumsi minuman berakohol. Hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi. Bahkan penggunaan obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi ini tidak akan begitu bekerja jika kebiasaan buruk ini masih dilakukan.

Tekanan darah tinggi juga dipicu oleh faktor penyebab kegemukan atau obesitas. Kegemukan ini dapat menyebabkan terjadinya kelebihan produksi lemak sehingga mengganggu sistem peredaran darah hingga akhirnya mengakibatkan penyumbatan. Kelebihan berat badan akan meningkatkan resiko untuk terkena gangguan hipertensi atau tekanan darah tinggi ini.

Gejala Gangguan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi ini bisa kita amati dengan adanya gejala yang menjadi ciri bahwa anda mungkin terkena gangguan tekanan darah tinggi ini. Diantaranya adalah rasa pusing atau sempoyongan dan hilang keseimbangan, mimisan juga menjadi salah satu tanda gejala tekanan darah tinggi, selain itu juga gejala mual dan terkadang mengalami muntah.

Hal ini dikarenakan tekanan darah tersebut mengganggu sistem pencernaan. Gejala yang selanjutnya adalah berat di kepala atau tengkuk, mati rasa atau kesemutan dan juga pandangan menjadi kabur atau terdapat titik darah pada mata. Untuk penderita tekanan darah tinggi ini juga biasanya lebih cepat merasa lelah.

Makanan Untuk Penderita Gangguan Darah Tinggi

Untuk penderita gangguan tekanan darah tinggi, maka harus memperhatikan makanan-makanan yang dikonsumsi. Hal ini untuk menghindari agar tidak memicu meningkatnya tekanan darah. Makanan yang pertama yang cocok dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi adalah susu skim yang mana dapat mengurangi tekanan darah tinggi 3 sampai 10 persen.

Kemudian gandum sangat baik dikonsumsi karena dapat mengurangi tekanan darah sekaligus mengurangi kolesterol. Wortel juga bisa menjadi salah satu yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi karena mengandung kalium dan betakaroten. Kubis juga merupakan makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung asam glutamat.

Makanan yang cocok dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi lainnya adalah alpukat yang mana mengandung asam oleat, potasium dan juga folat. Ketiganya sangat penting untuk kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah serta mencegah stroke.

Selain itu sayur bayam dan juga seledri sangat cocok untuk penderita darah tinggi yang mana berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Buah pisang juga memiliki fungsi untuk mencegah penyakit jantung dan juga darah tinggi. Selain itu, untuk penderita tekanan darah tinggi dapat juga mengkonsumsi bawang putih, bawang bombai, kentan, biji bungan matahari, ikan salmon dan juga kunyit. Makanan-makanan ini akan sangat membantu untuk dapat mencegah atau menurunkan tekanan darah.

Cara Menurunkan Gangguan Tekanan Darah Tinggi

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi terdapat beberapa langkah. Salah satu penyebab dari terjadinya gangguan tekanan darah tinggi ini adalah obesitas atau kegemukan. Sehingga untuk menurunkan tekanan darah tinggi bisa dengan cara menurunkan berat badan yang berlebih. Semakin banyak berat badan yang hilang, maka semakin efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga perhatikan lingkar pinggang anda, karena lemak yang menumpuk disana akan memberikan resiko lebih besar untuk menderita darah tinggi. Selain menurunkan berat badan, olahraga secara rutin juga adalah salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Sangat dianjurkan juga bagi penderita darah tinggi untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan darah tinggi seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan juga susu rendah lemak. Jika anda sedikit kesulitan untuk mengubah pola makan anda yang biasanya, maka anda tinggal memasukkan satu per satu menu makanan sehat ini setiap harinya. Selain itu, jika anda adalah seorang yang mengkonsumsi minuman berakohol. Maka sebaiknya secepatnya untuk mneghentikan kebiasaan itu. Hal ini akan sangat berpengaruh pada darah tinggi anda.

Merokok juga merupakan salah satu kegiatan yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi, sehingga untuk menurunkan tekanan darah tinggi itu sendiri tentu anda harus menghentikan kebiasaan merokok anda. Nikotin yang terdapat pada tembakau ini dapat memicu tekanan darah untuk semakin meningkat. Sehingga dilanjutkan, akan membuat tekanan darah semakin tinggi. Selain menghentikan kegiatan merokok, anda pun juga harus menghindari mengkonsumsi kafein dan juga jangan stress. Kafein dapat memicu terjadinya lonjakan tekanan darah sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Stress pun juga begitu, tingkat kecemasan yang tinggi akan memicu tekanan darah anda naik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang tidak boleh di sepelekan atau dianggap remeh. Gangguan tekanan darah tinggi yang sudah kronis bisa jadi akan memicu pada resiko terserah stroke, dapat juga serangan jantung. Jadi sebaiknya mulai hari ini, konsumsilah makanan yang sehat dan berolahraga yang rutin. Hal ini akan mengurangi resiko terhadap tekanan darah tinggi. Namun jika sudah terjangkit tekanan darah tinggi ini, maka sebaiknya segera lakukan hal-hal yang akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang dapat memicu tekanan darah naik dan juga mengkonsumsi makanan yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah.

Tinggalkan komentar