Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Herbaloke.net – Tekanan darah rendah sering disebut sebagai penyakit hipotensi, yang mana keadaan tekanan darah yang ada dalam arteri ini dibawah normal atau lebih rendah. Itu sebabnya keadaan ini disebut sebagai darah rendah. Darah rendah menyebabkan terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke organ-organ penting seperti otak, jantung atau ginjal. Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada fungsi organ-organ tersebut.

Penyakit ini sangat berpengaruh pada keadaan tubuh yang mengidap tekanan darah rendah, dan dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti kehilangan kesadaran diri atau sering pingsan, merasakan pusing, dan lain sebagainya. Hal ini tentu sangat mengganggu, atau bisa jadi juga mengancam jiwa penderita.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Pengidap tekanan darah rendah biasanya diikuti dengan tanda-tanda yang cukup mudah dikenali. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sering mengalami pusing
  • Badan terasa lemas
  • Jantung berdebar dengan cepat dan tidak teratur
  • Kehilangan keseimbangan
  • Seringkali pandangan menjadi buram atau berkunang-kunang
  • Berkeringat dingin dan sering terjadi ditelapak tangan ataupun kaki
  • Cepat lelah ketika beraktifitas yang cukup berat
  • Seringkali merasa bingung
  • Nafas pendek dan juga sering kehilangan kesadaran diri.

Dalam beberapa kasus, penderita darah rendah ini menyebabkan penderitanya sering pingsan tiba-tiba jika mengalami kelelahan atau bahkan terlalu lama berdiri ditempat yang terik. Jika anda merasakan tanda-tanda seperti ini, bisa jadi anda mengidap darah rendah.

Berapa Tensi Darah Rendah ?

Pada umumnya seseorang yang mengalami tekanan darah rendah memiliki tensi darah adalah sama dengan atau kurang dari 90/60 mmHg, sedangkan normalnya tekanan darah adalah 120/80 mmHg. Angka 90 disebut sistolik, yang merupakan tekanan ketika jantung berdetak memompa darah, sementara angka 60 disebut dengan diastolik, yaitu tekanan saat jantung istirahat.

Faktor Penyebab Tekanan Darah Rendah

1. Riwayat Penyakit Jantung

Banyak sekali penyebab yang membuat seseorang mengalami tekanan darah rendah, salah satunya adalah penyakit jantung. Pada penderita penyakit jantung biasanya juga akan mengalami darah rendah. Tekanan darah rendah ini disebabkan oleh beberapa kondisi jantung, diantaranya adalah detak jantung yang lambat, adanya serangan jantung, gagal jantung dan juga masalah katup jantung. Itulah sebabnya kenapa darah rendah ini biasanya juga diderita oleh orang-orang memiliki masalah dengan jantung.

2. Masalah Hormon atau Endrokrin

Tekanan darah rendah ini tidak hanya terjadi karena faktor penyakit jantung saja, namun juga bisa terjadi dikarenakan masalah endokrin atau masalah hormon. Kondisi dimana tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme) atau tiroid yang kurang begitu aktif (hipotiroidisme) menjadi faktor seseorang menderita darah rendah.

3. Riwayat Penyakit Addison dan Diabetes

Kondisi lain seperti penyakit addison atau disebut juga insufisiensi adrenal, kemudian gula darah rendah dan bahkan juga diabetes dalam beberapa kasus menjadi faktor penyebab tekanan darah rendah. Oleh sebab itu bagi kalangan orang yang memiliki kondisi seperti ini sebaiknya dapat melakukan upaya agar bisa mengatasi tekanan darah rendah.

4. Dehidrasi

Seseorang yang mengidap tekanan darah rendah ini juga bisa jadi dikarenakan adanya kondisi dehidrasi, sehingga tubuh kehilangan banyak cairan. Dehidrasi biasanya memicu kondisi tubuh seperti lemas, pusing dan juga kelelahan. Selain itu kondisi seperti diare, demam bahkan aktifitas yang terlalu berat juga menyebabkan dehidrasi. Sehingga hal ini memicu turunnya tekanan darah dan membuat anda mengalami yang namanya darah rendah. Pada kondisi yang serius seperti syok hipovolemik yang diakibatkan dehidrasi ini dapat mengancam jiwa. Jika dibiarkan saja, hipovolemik ini bisa semakin parah dan menyebabkan kematian.

5. Kekurangan Darah

Anemia juga menjadi salah satu faktor seseorang mengidap tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan darah, ini memicu timbulnya darah rendah. selain itu kehilangan banyak darah pada beberapa kondisi seperti cedera berat yang mengurangi jumlah darah dalam tubuh anda juga menjadi salah satu penyebab terjadinya tekanan darah rendah ini. Anemia ataupun kehilangan darah ini tentu membuat penurunan tekanan darah pada tubuh anda secara drastis. Sehingga harus segera diatasi. Dalam kondisi lain, penggunaan obat-obatan juga juga memicu tekanan darah rendah.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari atau mengatasi darah rendah yang anda derita. Salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih merupakan salah satu yang dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Air putih juga memiliki fungsi untuk mendetok atau menghilangkan racun yang ada dalam tubuh anda. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk meminum minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Selain itu, air putih ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga sangat berguna untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah yang anda derita.

Selain minum air putih yang banyak, penderita tekanan darah rendah juga sebaiknya jangan berdiri terlalu lama. Jika anda bangun tidur pun, sebaiknya untuk bangun dilakukan dengan perlahan. Apalagi dari posisi duduk kemudian akan berdiri. Hal ini untuk menghindarkan anda dari pusing atau bahkan menjadi kehilangan keseimbangan.

Darah rendah ini juga dipicu oleh kondisi kelelahan tubuh, sehingga sebaiknya jangan melakukan aktifitas yang membuat anda kelelahan. Jangan lupa juga untuk menghindari obat-obatan yang menyebabkan efek samping darah rendah. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penambah darah untuk mengatasi darah rendah anda. Anda juga harus sering berkonsultasi dengan dokter untuk kondisi anda, agar diatasi dengan tepat.

Makanan yang Dianjurkan Untuk yang Mengidap Darah Rendah

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang mengidap tekanan darah rendah, diantaranya adalah hati ayam dan juga daging ayam. Kandungan zat besi pada hati ayam dan juga protein pada daging ayam ini mampu membantu untuk meningkatkan tekanan darah anda.

Tidak hanya hati ayam ataupun daging saja, kuning telur ayam pun menjadi salah satu makanan yang bisa membantu masalah tekanan darah rendah anda. Selain itu juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan yang mana mengandung zat omega-3 yang mampu membuat tekanan darah stabil. Jangan lupa juga untuk meningkatkan konsumsi garam yang mengandung zat zodium, sangat dianjurkan karena akan meningkatkan tekanan darah anda.

Selain itu, jus wortel dan juga jus lemon juga sangat berguna untuk membantu masalah tekanan darah rendah anda. Wortel sendiri berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah, yang secara otomatis akan juga membantu meningkatkan tekanan darah anda. sedangkan untuk jus lemon ini berguna untuk mengatasi kondisi dehidrasi, sehingga menghindarkan anda dari tekanan darah rendah.

Antioksidan yang ada pada lemon ini juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah agar stabil. Anda juga bisa menambahkan madu pada jus wortel anda, dan juga gula sekaligus garam pada jus lemon anda. Lemon dan wortel tentu sangat mudah untuk dicari dan juga harganya relatif murah.

Untuk anda yang mengidap tekanan darah rendah ini sebaiknya memperbanyak asupan makanan serta buah-buahan yang mana dapat membantu kerja sirkulasi darah anda agar lancar dan stabil. Banyak kandungan dari makanan dan buah yang bisa anda ambil untuk mengatasi masalah darah rendah anda. Selain itu juga, untuk mengobati masalah tekanan darah rendah anda dengan tepat tentu harus mengetahui dulu akar penyebab darah rendah yang anda alami. Sehingga pengobatan yang dilakukan pun tepat dan mampu memberikan hasil maksimal untuk mengatasi darah rendah anda.

Jika anda mengetahui bahwa kondisi tubuh anda ini menderita darah rendah, maka sebisa mungkin hindari makanan yang akan memicu penurunan tekanan darah anda. Menjaga kondisi tubuh dengan baik dan juga melakukan olahraga secara teratur juga bisa membantu anda untuk menstabilkan tekanan darah anda. Jadi, mulailah hidup sehat ya dari sekarang.

Tinggalkan komentar