Cara-Mengatasi-Nyeri-Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid (Dismenore) Secara Alami Tanpa Obat

Herbaloke.net – Haid atau datang bulan merupakan masa subur yang dialami oleh para wanita di setiap bulannya. Biasanya di masa haid ini sering terjadi rasa sakit yang dialami oleh kebanyakan wanita. Haid ini sendiri merupakan kondisi dimana sel telur wanita tidak dibuahi oleh sperma yang dimiliki pra sehingga proses ini dapat menyebabkan luruhnya dinding rahim yang kemudian dikeluarkan dengan bentuk gumpalan darah pada vagina yang kemudian di sebut sebagai menstruasi. Rasa sakit ini tentu saja dapat mengganggu aktifitas dan seringkali dapat membuat keadaan menjadi tidak nyaman.

Kondisi haid juga dapat membuat susah tidur sebab rasa sakit yang berkepanjangan. Lalu bagaimanakah agar wanita dapat tetap berisitirahat senyaman mungkin di saat sedang dilanda rasa sakit akibat haid? Ternyata ada beberapa cara alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi rasa nyeri haid tersebut. Rasa sakit yang timbul akibat haid rupanya dapat diatasi dengan menggunakan bahan herbal atau bahkan dengan mengubah posisi tidur wanita sehingga para wanita dapat tidur senyaman mungkin. Ulasan berikut ini akan membahas tentangcara menghilangkan nyeri haid secara alami. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Nyeri Haid (Dismenore)

Di dalam istilah medis rasa nyeri atau sakit pada perut di sebut dengan dismenore yang dibagi menjadi dua golongan yaitu Dismenore Primer dan Dismenore Sekunder. Untuk dismenore primer yaitu kondisi saat nyeri pada masa haid yang memang sudah sering dialami di awal haid yang mana ini adalah kondisi normal yang akan dialami oleh kebanyakan wanita. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir jika mengalami dismenore primer ini, kemudian untuk dismenore sekunder yaitu dimana kondisi sakit ketika haid yang muncul di periode haid yang ke sekian kalinya yang padahal di periode sebelumnya tidak pernah mengalami rasa sakit tersebut. Biasanya kondisi ini akan di sertai dengan terjadinya masalah yang berpengaruh terhadap rahim atau juga organ panggul.

Penyebab dan Gejala Sakit Perut Saat Haid

Beberapa faktor dan resiko yang dapat menimbulkan adanya rasa nyeri pada saat haid atau dismenore primer yaitu usia haid yang masih dibawah usia 20 tahun, kemudian memiliki riwayat keluarga yang juga mengalami dismenore, merupakan wanita perokok aktif, terjadinya pendarahan dalam jumlah banyak saat haid, terjadinya siklus menstruasi yang tidak teratur, belum pernah mengalami proses melahirkan dan merupakan pubertas dini yang sudah terjadi sebelum usia 11 tahun. Kemudian zat hormon berupa prostaglandin juga merupakan pemicu yang sering membuat adanya kontraksi pada otot rahim yang berfungsi mengeluarkan darah haid di setiap bulannya. Kontraksi inilah yang dapat membuat rasa nyeri pada perut.

Kemudian faktor dan resiko yang ditimbulkan akibat adanya rasa nyeri pada haid dismenore sekunder yaitu terjadinya premenstrual syndrome yang juga disebut dengan singkatan PMS, kemudian di sebabkan oleh endometriosis atau sel lapisan rahim yang berada di luar rahim. Juga dapat diakibatkan adanya adenomiosis dimana lapisan rahim tumbuh hingga ke dalam dinding otot rahim. Juga disebabkan oleh fibroid rahim atau tumor jinak. Rasa sakit nyeri juga disebabkan oleh adanya radang panggul, infeksi menular seks dan adanya stenosis serviks dimana kondisi leher rahim, sangat kecil sehingga menghambat aliran darah haid untuk keluar.

Cara Mengatasi Nyeri Haid (Dismenore)

  • Atur Posisi Tidur Saat Haid

Biasanya rasa sakit yang terjadi yaitu pada area perut hingga pinggul dan juga pada bagian payudara yang terasa kram. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengubah posisi tidur yang dapat membuat perut menjadi lebih nyaman sehingga wanita dapat tidur dengan lebih lelap. Posisi tidur tersebut yaitu dengan melengkung seperti janin atau posisi fetal. Dimana kaki ditekuk sehingga perut dapat menjadi lebih nyaman dan rasa kram juga tidak terasa. Untuk anda para wanita yang sering mengalami kesulitan tidur saat haid maka posisi tidur yang satu ini juga dapat dicoba.

  • Berolahraga Saat Haid

Hampir sebagian wanita biasanya tidak suka berolahraga terlebih saat haid tiba. Hal tersebut dikarenakan aktifitas berat ini justru dapat menambah nyeri ketika haid. Namun hal tersebut merupakan pernyataan yang salah sebab justru olahraga dapat mengatasi nyeri saat haid sekaligus cara alami mengatasi nyeri haid. Biasanya ketika haid tiba, wanita akan mudah merasa cemas dan juga merasa sakit kepala, namun dengan berolahraga maka kram pada perut dapat dicegah dengan cepat. Beberapa penelitian juga telah dilakukan bahwa memang benar jika wanita lebih banyak bergerak maka hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri pada perut. Hal tersebut dikarenakan olahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin yang bermanfaat untuk dapat meningkatkan mood sehingga rasa tidak nyaman bisa segera diatasi.

Ketika sedang menghadapi masa haid biasanya suhu pada tubuh akan menurun dan hal ini dikarenakan terjadinya penurunan pada kadar hormon yang menyebabkan suhu tubuh menjadi tidak seimbang. Dan hanya dengan berolahraga maka tubuh dapat menyimpan panas lebih lama sehingga suhu yang biasanya dapat membuat tubuh menjadi lemas pada saat haid dapat segera diatasi. Tidak hanya itu saja aktifitas berolahraga juga dapat menyebabkan haid menjadi lebih lancar. Dan hal ini sangat tepat dilakukan bagi anda yang sering mengalami keterlambatan haid atau haid tidak teratur. Oleh sebab itu saat ini anda tidak perlu lagi untuk malas berolahraga, terlebih jika olahraga juga dapat menyehatkan tubuh dan menghindari segala penyakit. Hal ini merupakan cara menghilangkan nyeri haid secara alami yang dapat anda coba.

  • Tidak Mengonsumsi Teh Saat Haid

Ketika sedang mengalami masa haid biasanya teh merupakan minuman yang kerap dikonsumsi para wanita guna memperbaiki mood dan juga digunakan untuk mengatasi rasa nyeri pada perut dan juga rasa pusing pada kepala. namun ternyata pernyataan ini salah sebab di dalam teh terdapat kandungan yang dapat menghambat adanya penyerapan zat besi pada tubuh. Padahal pada saat haid, tubuh memerlukan sel darah merah yang di produksi melalui zat besi. Dan bagaimanakah jika zat besi terhambat? Akibatnya proses produksi sel darah merah menjadi terganggu dan resiko anemia atau kekurangan darah menjadi lebih meningkat. Oleh sebab itu sebaiknya tidak mengonsumsi teh saat haid dan akan jauh lebih baik jika anda mengonsumsi air hangat biasa tanpa campuran larutan.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara mengatasi nyeri haid. Kini bagi anda para wanita yang sering mengalami sakit pada saat haid maka anda perlu untuk menyimak ulasan diatas sehingga anda pun mengetahui apa saja penyebab yang dapat menimbulkan terjadinya rasa sakit pada saat haid dan bagaimana cara alami untuk dapat mengatasinya sehingga anda pun tidak terlalu panik ketika sedang mengalami kram perut di saat haid bulanan.

Artikel ini membahas:

  • dismenore

Tinggalkan komentar