Tanaman Mengusir Nyamuk

9 Jenis Tanaman Yang Dipercaya Paling Ampuh Mengusir Nyamuk

Herbaloke.netNyamuk jadi musuh terbesar manusia di kala hendak tidur. Untungnya tanaman pengusir nyamuk kini semakin mudah didapat. Tidak perlu diolah sendiri karena tanaman ini sudah tersedia dalam kemasan jadi, sehingga kita tinggal menyemprotkannya saja agar nyamuk mati dan tidak mengganggu ketentraman kita saat sedang tidur.

Berikut 9 jenis tanaman yang ampuh mengusir nyamuk

lavender nyamuk

  1. Bunga Lavender

Siapa yang tidak kenal bunga yang satu ini? Dari dulu hingga sekarang, bunga lavender memang dikenal sangat ampuh untuk menumpas nyamuk. Kini olahan bunga lavender bisa ditemukan dalam bentuk kemasan botol semprot dan lotion anti nyamuk. Dua aroma bunga lavender yaitu linalool dan lynalyl acetate sangat tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga setiap kali menghirup aroma ini, nyamuk akan keok dengan sendirinya hingga akhirnya mati dan berjatuhan di lantai.

  1. Bawang Putih

Bukan hanya sebagai bumbu masak, bawang putih juga banyak digunakan untuk mengusir nyamuk. Kandungan zat allicin pada bawang putih dapat menghasilkan aroma yang sangat kuat, sehingga nyamuk manapun tidak akan tahan saat menciumnya.

Agar nyamuk tidak menggerogoti tubuh, taruh potongan bawang putih di daerah yang memiliki pentilasi atau lubang udara. Untuk menetralisir sengatan bau dari bawang putih, tambahkan sedikit minyak esensial bunga lavender.

  1. Bunga Geranium

Bunga geranium atau yang dikenal dengan bunga tapak dara dipercaya bagus untuk menumpas nyamuk yang beterbangan di malam hari. Kandungan zat geraniol dan sitronelol sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kedua zat ini pun dapat dengan mudahnya dibawa angin, sehingga dapat membunuh nyamuk secara cepat. Taruh beberapa tangkai bunga geranium di sekitar pintu atau jendela rumah untuk mengusir nyamuk.

  1. Bunga Rosemary

Tanaman rosemary atau rosmarinus officinalis adalah tanaman yang sering ditemukan dalam kemasan minyak telon dan minyak kayu putih. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk menghindari gigitan nyamuk, terutama pada bayi.

Bunga rosemary sangat mudah dikembangbiakkan. Anda bisa menanam bunga ini di dalam pot kecil, lalu taruh di ruangan terbuka agar bunga rosemary bisa mendapat cahaya matahari yang cukup. Jika sudah tumbuh besar, oleskan daun rosemary ke seluruh kulit untuk megusir nyamuk.

  1. Batang Serai

Batang serai dikenal sebagai rempah-rempah yang manjur banget untuk menambah cita rasa makanan. Tapi siapa sangka kalau aroma wangi dari batang serai dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Sebab batang serai mengandung zat geraniol dan sitronelal yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Sayangnya, batang serai tidak bisa dikembangbiakkan di dalam pot. Anda memerlukan lahan yang lebih luas agar batang serai dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Dari segi perawatan, batang serai tidak membutuhkan perawatan yang intens kok karena tanaman ini dapat bertumbuh dengan sendirinya, apalagi di iklim tropis seperti Indonesia.

  1. Bunga Zodia

Bunga zodia sering digunakan Orang Papua sebelum pergi berburu ke hutan. Tujuannya agar mereka tidak terkena gigitan nyamuk. Sebab bunga zodia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang kurang disukai oleh nyamuk, begitu pula dengan serangga lainnya.

Bunga zodia bisa ditanam di dalam pot. Agar nyamuk tidak masuk ke rumah, taruh bunga zodia di depan pintu atau di dekat jendela.

  1. Bunga Kecombrang

Daun dan bunga kecombrang banyak dijadikan sebagai bahan tambahan untuk olahan pecal dan urap. Apalagi baunya yang khas membuat seler makan siapapun jadi naik dengan sendirinya. Tapi bau wangi bunga kecombrang hanya disukai oleh manusia saja, sedangkan nyamuk dan serangga lainnya takut. Itu sebabnya kenapa bunga kecombrang sering ditaruh di pintu atau dekat jendela untuk mengusir nyamuk.

  1. Akar Wangi

Akar wangi termasuk jenis rumput-rumputan yang dapat tumbuh liar di pekarangan rumah. Akar wangi memiliki aroma yang sangat kuat, sehingga nyamuk manapun yang mencium aroma ini tidak betah berlama-lama terbang di atasnya.

  1. Bunga Marrygold

Nama bunga marrygold mungkin masih sedikit asing di telinga. Tapi setelah mendengar nama bunga tai kotok, pasti langsung tahu kan? Bunga marrygold atau bunga tai kotok memiliki tampilan yang sangat indah, tapi baunya sangat menyengat sehingga nyamuk pada takut jika berdekatan dengan bunga ini.

Tinggalkan komentar