Cara Mengatasi Infeksi Saluran Empedu

Gejala, Penyebab dan Cara Mengatasi Infeksi Saluran Empedu

Herbaloke.net – Masalah infeksi saluran empedu merupakan kondisi dimana terjadinya peradangan pada saluran empedu. Infeksi saluran empedu ini sering disebut dengan chongalitis. Saluran empedu sendiri merupakan saluran yang mana bekerja untuk membawa cairan empedu yang berasal dari kantung empedu ke usus dua belas jari.

Infeksi saluran empedu biasanya menyebabkan kondisi terganggunya sistem kerja pada saluran empedu. Infeksi saluran empedu ini juga bisa terjadi dikarenakan adanya bakteri pada saluran pencernaan sehingga menimbulkan masalah infeksi saluran tersebut. Jika dibiarkan maka bisa menyebabkan komplikasi yang cukup parah.

Infeksi saluran empedu ini juga bisa terjadi jika ditemukan adanya batu di saluran empedu yang akhirnya menyebabkan infeksi. Infeksi ini bisa mencakup seluruh bagian saluran empedu, dari bagian hati atau kantung empedu menuju usus dua belas jari atau duodenum. Itu sebabnya jika mengalami hal ini, haruslah segera diberikan penanganan dan pengobatan.

Pengobatan infeksi saluran empedu yang akut seringkali menimbulkan kerusakan pada dinding saluran empedu ataupun dapat memicu terbentuknya jaringan parut.Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi infeksi yang akut bisa membuat banyak kerusakan pada saluran empedu anda.

Gejala Masalah Infeksi Saluran Empedu

Gejala infeksi saluran empedu ini bisa dikenali jika terdapat ciri seperti rasa nyeri di bagian perut kanan atas, kuning dan juga demam. Hal ini biasa disebut sebagai charcot’s triad dalam istilah medis. Tanda-tanda diatas ini akan cukup berbahaya jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Hal ini tentu bisa memicu kondisi septis berat dimana bakteri pada saluran pencernaan yang menyebabkan infeksi saluran empedu ini akan menyebar ke seluruh peredaran darah kemudian menyebabkan kondisi pada penderita kolaps atau turunnya tekanan darah dan membuat penderita tidak sadarkan diri bahkan sampai mengalami koma.

Masalah peradangan saluran empedu ini tentu jika tidak segera ditangani akan menimbulkan kondisi yang lebih parah lagi. Bahkan jika infeksi saluran empedu ini telah menjalani pengobatan atau proses penyembuhan, infeksi saluran empedu ini tidak bisa benar-benar sembuh total. Penyembuhan infeksi saluran empedu ini justru dapat memicu kemungkinan yang lebih besar untuk kambuh berulang kali.

Kambuhnya infeksi ini akan memicu munculnya infeksi yang lebih akut atau kronis yang dalam istilah medis disebut dengan cholangitis chronic. Cholangitis chronic ini adalah keadaan dimana terjadinya pelebaran diameter saluran empedu dikarenakan adanya tekanan dari saluran itu sendiri.

Penyebab Terjadinya Masalah Infeksi Saluran Empedu

Penyebab terjadinya masalah peradangan saluran empedu ini umumnya adalah karena adanya batu empedu yang sering disebut dengan batu kolesterol. Selain batu kolesterol, ada juga batu yang disebut dengan batu pigmen yang merupakan sejenis batu empedu. Batu empedu ini memicu timbulnya rasa sakit serta keluhan-keluhan yang tidak enak yang dirasakan oleh penderita.

Infeksi saluran empedu pada ilmu medis sering dijumpai pada wanita-wanita yang memiliki postur tubuh gemuk dan obesitas. Pada orang gemuk biasanya mengalami penurunan garam empedu sehingga hal ini menjadi salah satu faktor meningkatnya kolesterol pada empedunya.

Hal tersebut yang kemudian memicu munculnya batu empedu dan menjadi penyebab terjadinya infeksi saluran empedu. Selain itu juga infeksi saluran empedu ini dipicu dengan adanya batu pigmen, yang mana biasanya ditemukan pada wanita-wanita yang sedang hamil atau yang memakai alat kontrasepsi pil KB yang mana dipengaruhi oleh hormon estrogen.

Kondisi dimana tingginya konsentrasi bilirulin yang ada pada sistem sekresi yang berada dalam cairan empedu ini mengakibatkan timbulnya batu pigmen ini. Wanita memang memiliki resiko lebih tinggi untuk kasus batu empedu ini. Terapi hormon berdosis tinggi juga memicu munculnya batu empedu.

Selain itu kondisi munculnya batu empedu ini juga biasanya ditemukan pada para penderita penyakit anemia bulan sabit yang mana sel darah merah ini akan terus menerus dihancurkan oleh tubuh dan diubah menjadi bilirulin. Meningkatnya resiko batu empedu ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, kekurangan serat, menderita penyakit diabetes, menderita gangguan pencernaan, ataupun juga memiliki anggota keluarga yang beriwayat dengan penyakit yang sama. Usia pun juga mempengaruhi terjadinya batu empedu ini, biasanya sering ditemukan pada usia diatas 40 tahun.

Cara Mengatasi Masalah Infeksi Saluran Empedu

Untuk mengatasi infeksi saluran empedu ini tentu dibutuhkan penanganan yang cepat. Jika terlambat diatasi maka akan memperparah kondisi infeksi saluran empedu ini. Tentu hal ini akan perlahan memicu dan meningkatkan kondisi infeksi saluran empedu ini menjadi kronis atau akut. Jika sudah akut dan kronis maka akan semakin sulit ditangani.

Infeksi saluran empedu ini akan terus berkembang secara perlahan dan bisa memicu timbulnya gagal hati. Gagal hati ini akan mengakibatkan kondisi parah dimana penderita infeksi saluran empedu ini kemudian harus melakukan transplantasi hati.

Beberapa pengobatan atau perawatan yang harus dan perlu dilakukan oleh penderita infeksi saluran empedu ini diantaranya adalah pengobatan untuk gatal, pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi infeksi itu sendiri, pengobatan yang mana dilakukan dengan pemenuhan gizi pada penderita hingga yang paling akut adalah dilakukannya pencangkokan hati.

Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa masalah infeksi saluran empedu ini merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa mengancam jiwa. Jika anda menemukan gejala-gejala yang merujuk pada penyakit ini, anda bisa lekas mengonsultasikannya dengan dokter sehingga akan mendapatkan penanganan tepat waktu.

Anda juga bisa mencoba alternatif pengobatan tradisional sebagai penunjang untuk kesembuhan infeksi saluran empedu yang anda derita. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah apel, yang mana kandungan vitamin C, vitamin B6, vitamin A, zat besi dan kalsium ini dipercaya dapat mengatasi batu empedu yang timbul dengan melunakkan batu empedu sehingga mudah dikeluarkan.

Selain apel, anda juga bisa mencoba mengkonsumsi kunyit. Kunyit ini merupakan salah satu yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Kunyit ini berfungsi untuk melarutkan empedu dan menetralisir agar keluar lewat urin atau saluran pencernaan. Sehingga ini akan mengatasi infeksi saluran empedu yang diderita, atau juga sebagai upaya untuk menghindarkan kita dari infeksi saluran empedu yang ditimbulkan oleh batu empedu.

Masalah infeksi saluran empedu ini tentu bukan penyakit yang sepele. Infeksi ini selain mengganggu juga memiliki dampak buruk yang bisa saja mengancam jiwa penderitanya. Jika anda merupakan salah satu yang menemui gejala-gejala infeksi saluran empedu, maka sebaiknya anda segera pergi ke dokter dan melakukan pengobatan yang tepat.

Ingat, bahwa penyakit yang satu ini tidak boleh ditangani dengan terlambat karena bisa memperparah kondisi infeksi saluran empedu. Bahkan bisa membuat infeksi yang lebih kronis dan akan sangat sulit untuk ditangani. Untuk anda yang tidak menderita penyakit ini, sebaiknya mewaspadai penyebab-penyebab yang dapat memicu timbulnya penyakit ini terutama yang memicu timbulnya batu empedu sebagai penyebab infeksi saluran empedu itu sendiri. Sehingga anda bisa meminimalisir kemungkinan terkena infeksi saluran empedu ini.

Artikel ini membahas:

  • ciri-ciri infeksi saluran empedu
  • penyebab inpeksi empedu

Tinggalkan komentar